Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB.BELU – Senin (20/09), Dalam upaya Peningkatan Pemasaran Produk dan Skala Usaha bagi Pelaku UMKM di NTT dan Mendukung Kepariwisataan di Kabupaten Belu, Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Belu mengadakan kegiatan Temu Kemitraan UMKM dengan BUMN dan Swasta bertempat di Hotel Nusantara II Atambua.
Mungkin gambar 7 orang, orang duduk, orang berdiri, dalam ruangan dan teks yang menyatakan 'TEMU KEMITRAAN UMKM DIKABUPATEN KABUP PATEN BELU'
Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM menghadirkan 3 orang Narasumber diantaranya Pejabat Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, Kepala Bank NTT Cabang Atambua – Fridolina M. M. Faturene, A. R. Perwakilan BPJS wilayah Timur – Gery Malelak serta diikuti oleh 40 orang peserta pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang sedang aktif menjalankan usahanya.
Tujuan dan sasaran dari kegiatan ini, untuk meningkatkan kualitas usaha UMKM, Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Pelaku UMKM, mempermudah mengakses Permodalan ke Bank, serta membangun mitra dengan swasta dan BUMN. Selain itu Adapun sumber anggaran pelaksanan kegiatan Temu Kemitraan yakni melalui DAK (Non Fisik) melalui DPA Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT Tahun 2021.
Mungkin gambar 1 orang dan duduk
Dalam sambutannya Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM mengatakan bahwa kegiatan temu kemitraan ini adalah kegiatan yang sangat penting karena teman-teman UMKM di Kabupaten Belu ini tetap eksis walaupun ditengah situasi pandemi Covid-19.
” UMKM adalah salah satu sektor yang tidak pernah mati didalam pertumbuhan ekonomi selain dari sektor pertanian yang mana memberikan kontribusi paling besar ditengah pandemi ini”, ujar Bupati Belu.
Bupati juga mengharapkan agar masyarakat dapat merubah pola pikirnya bahwa bantuan yang diberikan oleh Pemerintah kepada UMKM itu merupakan stimulus dan harus dianggap sebagai kredit sehingga tidak disalah gunakan untuk kebutuhan yang lainnya, selain itu juga agar para pelaku UMKM juga harus memperhatikan kualitas, ciri khas, serta brand dari masing-masing produk UMKMnya sehingga para pelaku UMKM bisa dapat bersaing di pasaran.
Lebih lanjut dikatakan Bupati bahwa Pemerintah terus memberikan apresiasi serta pendampingan kepada UMKM untuk meningkatkan usahanya, dan kepada Pemimpin BUMN/BUMD agar setelah memberikan KUR harus juga di ikuti dengan pendampingan.
Mungkin gambar 2 orang, orang duduk dan orang berdiri
Bupati juga mengajak para pelaku UMKM untuk menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan karena akan sangat membantu saat terjadi kecelakaan kerja serta memiliki skema yang sangat baik dengan angsuran perbulan Rp.16.000/bulannya.
Sementara itu Kepala Dinas Kopnakertrans Provinsi NTT – Silvia R. Pekudjawang, SP., MM., mengatakan hari ini merupakan kegiatan temu kemitraan bagi pelaku UMKM sebanyak 40 orang pelaku UMKM.
” Kita sangat ingin pelaku UMKM memahami agar ketika dia ingin naik kelas atau ketika dia ingin meningkatkan skala usahanya dan apa saja yang harus mereka lalui, kami sangat memahami semuanya itu, karena tentunya mereka pasti ada keterbatasan modal. Kegiatan hari ini kami ingin mereka tahu bahwa ada skim-skim permodalan itu dimana saja dan Pemerintah sudah membuka skim permodalan misalnya lewat KUR yang disalurkan oleh Bank Himbara dan untuk sementara Bank Daerah ada pemberian kredit Merdeka,” Ungkapnya.
Mungkin gambar 1 orang dan berdiri
Dijelaskan Kadis, selain itu dalam kegiatan ini para pelaku usaha UMKM juga akan tahu ketika mereka ingin mengembangkan usahanya tentu ada resiko – resiko, sehingga untuk mengcovernya ada BPJS yang bisa melakukan perlindungan terhadap resiko dan disamping itu juga ada pajak yang harus kita bayar, karena sebagai warga negara yang baik kita harus bijak dan kita pastikan bahwa semua pelaku usaha kita itu taat pajak.
” Secara teknis kita akan menggali persoalan apa saja yang mereka alami selama ini sehingga Pemerintah bisa memfasilitasi persoalan yang terjadi,” papar Kadis Kopnakertrans Provinsi NTT.
Berita: Novita B
Foto: Anna
Video: Hengki Mao
Editoe: Eli Mali
Facebook