Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (16/06), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu – Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si menekankan bahwa upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dilakukan secara terintegrasi dan berkesinambungan. Untuk itu, komunikasi dan peran media menjadi sangat penting. Hal tersebut disampaikan Kadis Kominfo Belu sebagai narasumber dalam Workshop Penguatan Kapasitas Insan Media di Aula Hotel Matahari – Atambua.
Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri, orang duduk dan dalam ruangan
Sesuatu didunia ini tidak akan berhasil dengan baik tanpa komunikasi yang baik, karena komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi dari pemberi, baik itu pesan, ide dan gagasan dari satu pihak ke pihak lainnya yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung dengan maksud untuk mempengaruhi penerima.
Agar komunikan mengerti dan memahami maksud komunikator, tujuan komunikasi yang pertama adalah memastikan informasi atau pesan dari komunikator yang dapat dimengerti oleh orang lain sejelas mungkin kepada komunikan. Yang kedua adalah mengenal orang lain. Dengan adanya interaksi dan komunikasi, maka setiap orang dapat saling mengenali dan memahami satu sama lain, yang ketiga adalah agar pendapat diterima oleh orang lain, komunikasi secara persuasif seringkali dilakukan untuk menyampaikan gagasan atau ide seseorang pada orang lain, tujuannya adalah agar ide dan gagasan tersebut dapat diterima, dan yang keempat adalah menggerakkan orang lain dengan cara persuasif dan membangun kesamaan persepsi dengan orang lain.
Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri dan dalam ruangan
“Komunikasi menjadi bagian penting dari suatu struktur sosial. Ada komunikasi masa dan ada komunikasi sosial. Seiring usia komunikasi, kalau kita baca di berbagai literatur itu seumur peradaban manusia. Bahkan seorang bayi di dalam kandungan pun sebenarnya sudah berkomunikasi, tentu dengan cara dan bahasa yang dapat dipahami,” ungkapnya.
Proses komunikasi ini ada hubungan dengan bagaimana peran media dalam mendukung kegiatan – kegiatan P4GN.
Tujuan komunikasi adalah apa yang kita maksudkan itu dipahami oleh orang lain dan ini sebenarnya bukan pekerjaan yg muda. Bagaimana mentransmisikan pikiran kita, maksud kita. Ketika kita keliru yang menyampaikan pesan atau keliru menggunakan sarana itu yang ditangkap itu akan keliru, sehingga dampak atau pengaruh yang kita inginkan tidak tercapai, akibatnya maksud dan tujuan kita tidak efektif.
Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri dan dalam ruangan
Kampanye Anti Narkoba bisa dilakukan melalui berbagai macam metode, salah satunya melalui media. Pesatnya perkembangan media diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dimasyarakat. Penggunaan media menjadi salah satu langkah yang tepat dalam melakukan kampanye bahaya penyalahgunaan narkoba di zaman sekarang ini.
Oleh karena itu, upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tidak bisa hanya dilaksanakan oleh BNN, tetapi harus dilakukan secara terintregasi dan berkesinambungan, serta membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Media sebagai salah satu sarana Komunikasi berperan dalam penyebaran berita/informasi yang dapat menjangkau seluruh masyarakat,” ucap Kadis Kominfo Kabupaten Belu.
Mungkin gambar 3 orang, orang berdiri dan dalam ruangan
Lanjutnya, demokrasi media dalam pemerintahan mempunyai peranan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Peranan tersebut meliputi mengedukasi masyarakat dan merupakan bagian dari system check and balance serta early warning system.
Peranan media dalam penyebaran P4GN meliputi sosialisasi dan edukasi bahaya penyalahgunaan, peredaran gelap narkoba sesuai segmentasi pembaca, berita dan informasi terkait dampak buruk penyalahgunaan narkoba, serta informasi penegakan hukum.
Dalam Kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas bagi Insan Media, diikuti para peserta antara lain Kepala Bidang Hubungan Media dan Sumber Daya Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu – Dominikus Mali, S.Sos serta insan media lainnya dari RRI Atambua, Radio Dian Mandiri, Radio Miscal, TVRI Atambua, Koresponden MNC Group, Pos Kupang, Victory News, Fox NTT, The East Indonesia, Timor Daily, Putri Belu 2019, NTT Bisa Maju, Chanel Kata 21, Hotu- Hotu Chanel, m-Kantas Chanel, KOdjek Atambua dan Nyongs Production ini, diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta dan pemateri/narasumber.
Berita: Mercy Aton & Frans Leki
Foto: Mercy Aton & Dion Luan
Editor: Elias Mali
Facebook