Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Kamis (17/12), Setelah melakukan Rapat Pleno Terbuka di 12 Kecamatan pada tanggal 12 – 14 Desember 2020 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu kembali menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Belu, bertempat di Ballroom Hotel Matahari Atambua, Rabu (16/12).

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang di panggung dan orang berdiri, teks yang menyatakan 'Komis Pemilihan Umum KabupatenBelu KPU RAPAT REKAPITULASI PEMILIHAN PLENO HASIL PENGHITUNGAN SUARA DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATIBELU BUPATI RABU 2UZU TAHUN 2020 YSA 1S0'
Rapat pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Belu – Mikhael Nahak, S.Sos dimulai sekitar pukul 10.00 Wita hingga pukul 18.30 Wita ini, selain di hadiri oleh Komisioner KPU, rapat pleno juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Belu – Andreas Parera, Unsur Forkompinda Kabupaten Belu, Anggota PPK dari 12 Kecamatan, para Saksi dari masing-masing Paslon, serta insan media.
Berdasarkan hasil Pleno Rekapitulasi suara Tingkat Kabupaten Belu, paslon nomor urut 02 dengan tagline Sehati, dr. Agus Taolin dan Drs. Aloysius Haleseren berhasil unggul dengan meraih 50.623 suara atas paslon nomor urut 01 dengan tagline Sahabat (petahana) Willybrodus Lay, SH dan Drs. J. T. Ose Luan dengan meraih suara 50.376 suara.
Hal tersebut sesuai dengan surat Penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 224/PL.02.6-KPT/5304/KPU-KAP/XII/2020 yang dibacakan oleh Ketua KPU Kabupaten Belu-Mikhael Nahak, S.Sos.
Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk, teks yang menyatakan 'FORKOMPIMDA'
“ Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Menetapkan perolehan suara masing-masing calon dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020 sebagai berikut, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu nomor urut 01 Willybrodus Lay, SH dan Drs. J. T. Ose Luan dengan suara sebanyak 50.376, dan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu nomor urut 02 dr. Taolin Agustinus dan Drs. Aloysius Haleseren, MM dengan suara sebanyak 50.623,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Belu saat membacakan salah satu point Surat Keputusan Penetapan.
Dengan demikian berdasarkan penetapan KPU Kabupaten Belu tersebut, maka Paslon nomor urut 02 dr. Taolin Agustinus dan Drs. Aloysius Haleseren (Sehati) berhasil mengalahkan paslon Petahana nomor urut 01 pasangan Willybrodus Lay, SH dan Drs. J. T. Ose Luan dengan selisih suara 247.
Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang berdiri
Lebih lanjut, Ketua KPU Kabupaten Belu mengatakan terkait dengan penetapan calon terpilih sesuai dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi menunggu proses keberatan yang akan diajukan oleh Paslon yang merasa keberatan terkait proses yang telah dilaksanakan.
“ Kami pihak KPU Kabupaten Belu telah menetapkan calon terpilih dan untuk waktu yang akan datang sesuai dengan Peraturan maka bagi pasangan calon yang merasa keberatan silahkan melalui proses, dimana ruangnya masih terbuka dan hingga saatnya nanti kami KPU Kabupaten Belu sebagai pihak penyelenggara akan melakukan tugas sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar Ketua KPU-Mikhael Nahak.
Berita/Foto: Novita Bogar & Wilson Charles
Facebook