Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU — Kamis (19/11), Di era modern dan serba digital seperti saat ini, semua desa dituntut untuk mempunyai Website Desa. Hal ini dikarenakan Website merupakan salah satu sarana yang dimanfaatkan semua orang untuk memperoleh dan/ atau menyebarluaskan informasi seperti informasi pembangunan dan pengelolaan pemerintahan desa secara cepat. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu – Johanes Andes Prihatin, SE., M.Si dalam arahan pengantar Pembukaan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan SDM Komunikasi dan Informasi yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Tasifeto Timur.
Kadis menjelaskan kehadiran website desa bagi warga desa juga sangat berperan penting dalam kemajuan pembangunan di Desa, yang mana Website Desa mempunyai banyak peran, salah satunya adalah sebagai sarana transparansi desa untuk pengelolaan pemerintahan desa.
” Oleh Karena itu, dalam rangka memanfaatkan website desa secara baik dan produktif, Operator atau pengelola website perlu dibekali ilmu dan pengetahuan terkait teknologi jaringan sehingga mampu memanfaatkan jaringan internet gratis dan bagi desa – desa yang belum memiliki website, kami dorong agar segera membuat website desa dan dukungan – dukungan teknis akan selalu kami siapkan, kami bantu agar website sebagai sarana transparansi kemajuan desa bisa terwujud,” kata Kadis Kominfo Belu.
Selain itu Kadis Kominfo menyebutkan, manfaat lainnya adalah sebagai sarana pertanggungjawaban, media promosi dan pengembangan desa, media publikasi kegiatan desa, meningkatkan pelayanan desa, dan sumber data yang lengkap.
” Tentunya, manfaat lain dari sebuah website untuk desa adalah agar warga desa dapat mengetahui berbagai kemajuan pembangunan yang sedang dan yang telah berhasil dilakukan oleh pemerintah desa. Selain itu, warga desa juga perlu untuk mengetahui berbagai kegiatan yang akan, sedang dan yang telah dilakukan oleh perangkat desa yang bertindak sebagai pemerintah desa,” imbuhnya.
Sekertaris Kecamatan Tasifeto Timur- David P. B.Tallok mengatakan bahwa pemanfaatan Internet dan website di kecamatan sudah maksimal dan beberapa desa juga sudah memanfaatkan jaringan internet dan websitenya, namun ada beberapa Desa yang jaringannya masih terganggu dan perlu diperbaiki sehingga pemanfaatan Internet bisa dikelola dengan baik.
” Kami mengharapkan agar jaringan ini tetap eksis sehingga informasi apapun, masyarakat di Kecamatan dapat mengaksesnya dan semoga ini tidak sampai disini tetapi seterusnya dilakukan sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi sesuai kebutuhannya. Dari 12 desa yang ada di Kecamatan Tastim semuanya sudah mendapatkan jaringan internet dan website hanya beberapa desa yang masih terkendala jaringannya, harapan kami semoga bisa diperbaiki untuk kemajuan desa,” tandas Sekcam Tastim.
Berita/Foto: Tim Peliput
Facebook