Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (29/09), Staf Ahli Bidang Politik Kementerian Petahanan (Kemenhan) Republik Indonesia – Mayjen TNI Drs. Nugroho Sulistyo Budi bersama staf kembali melakukan Kunjungan Kerja di Wilayah Perbatasan RI-RDTL, Kabupaten Belu. Kunjungan Kerja Mayjen TNI Drs. Nugroho kali ini didampingi Pjs. Bupati Belu – Drs. Zakarias Moruk, MM guna menghadiri ritual adat pembukaan lahan (tanah) dalam rangka pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan dan Politeknik Dr. Benediktus Mboi, M.Ph di Desa Fatuketi Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu – Provinsi NTT.
Pembangunan SMK dan Politeknik ini sebagai wujud komitmen Kemenhan RI dalam mengembangkan wilayah perbatasan dengan membangun SDM masyarakat NTT sebagai beranda terdepan Indonesia.
Pjs. Bupati Belu – Drs. Zakarias Moruk, MM menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertahanan RI atas dukungan dan perhatian, karena Ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Pusat dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mendirikan sekolah di Wilayah Perbatasan RI – RDTL. Dan kepada semua pihak, Pjs. Bupati Belu mengajak agar semua pihak bersatu dalam melakukan ritual adat dengan baik sehingga leluhur membuka jalan dan merestui Pembangunan Sekolah tersebut karena adat merupakan suatu tradisi dari turun – temurun untuk memperkuat, memperlancar jalannya proses pembangunan SMK dan Politeknik.
“ Saya berdiri disini sebagai Penjabat Sementara Bupati Belu yang mana melanjutkan tugas – tugas pemerintah di Kabupaten Belu dan hari ini menyaksikan upacara adat pembangunan SMK dan Politeknik. Atas nama masyarakat Kabupaten Belu saya menyampaikan limpah terima kasih karena segala perhatian dari Kemenhan RI terkait Pembangunan Sekolah ini, karena menurut saya potensi disini sangat luar biasa hanya belum diolah dengan baik,” katanya.
Sebelumnya Staf Ahli Bidang Politik Kementerian Petahanan (Kemenhan) RI – Mayjen TNI Drs. Nugroho Sulistyo Budi menjelaskan Kemenhan hadir saat ini di Kabupaten Belu dalam rangka mewujudkan suatu tujuan baik bagi warga perbatasan untuk membangun Sekolah Menengah Kejuruan dan Politeknik sebagai bentuk penghormatan atas semangat juang salah satu tokoh nasional asal NTT – Dr. Ben Mboi, M.Ph yang sangat mencintai tanah air agar selalu di kenang anak cucu di masa mendatang.
“Selain mewarisi, mari kita memohon kepada leluhur kita atas proses pembangunan Sekolah ini dapat berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi kita bersama. Dan sekali lagi terima kasih dan mohon doa restu, dukungan kepada leluhur untuk menjaga kita dalam niat baik kita dan diupayakan untuk anak cucu kita,” ujarnya.
Ritual adat pembukaan lahan (tanah) dalam rangka pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan dan Politeknik Dr. Benediktus Mboi, M.Ph ditandai dengan penyembelihan hewan kurban memohon berkat sang pencipta alam dan meminta restu para leluhur agar seluruh proses pembangunan sekolah dapat berjalan aman dan lancar.
Berita/ Foto: Tim Peliput

 

Facebook