Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU—Senin (8/06),Pemerintah Kabupaten Belu bekerjasama dengan Bank NTT Cabang Atambua kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai kepada 235 KK yang terkena dampak COVID-19 bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020 yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Belu –Willybrodus Lay, SH kepada perwakilan masyarakat penerima BLT , di Desa Asumanu Kecamatan Raihat.
Bupati Belu –Willybrodus Lay, SH usai acara penyerahan BLT mengatakan hari ini kembali pemerintah memantau secara langsung pembagian BLT ini bisa sampai kepada masyarakat, dengan memastikan bahwa semua yang terdampak ini semua terima bantuan, seperti tadi ada pendobelan nama tetapi langsung disampaikan oleh masyarakat itu sendiri, jadi dengan penuh kesadaran masyarakat ini menyampaikan bahwa namanya sudah ada di program bantuan lainnya dan ini sangat bagus ada kesadaran masyarakat yang sangat luar biasa. Selain itu juga pemerintah mendorong masyarakat untuk tetap berkerja di kebun, walaupun sekarang sudah musim kemarau tetapi dengan memanfaatkan air di pinggir sungai, agar masyarakat bisa memanfaatkan air tersebut.
Bupati juga menambahkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang dianggarkan dari Dana APBD kurang lebih 25 Miliar tetapi penggunaannya disesuaikan dengan jumlah yang terdampak, contohnya seperti di Asumanu ini ada 22 KK yang belum tercover oleh Dana Desa, dan program lainnya, dan itu merupakan salah satu tugas dari JPS untuk mengcover dan saya pastikan semua harus dibantu agar semua bisa dapat bantuan.
Untuk saat ini New Normal sesuai himbauan oleh Pemerintah Pusat dan himbauan Gubernur NTT akan kita terapkan di Kabupaten Belu maka tentunya masyarakat wajib taati, new normal itu kita harus tetap menjaga jarak, selalu memakai masker dan rajin mencuci tangan, ini merupakan salah satu rambu – rambu bagi kita di manapun kita berada.
Dalam arahannya Kepala Bank NTT Cabang Atambua – Fridolina Faturene mengatakan dengan adanya BLT kita semua disiapkan untuk selalu dapat menggunakan uang tersebut secara baik, selain itu juga Bank NTT mengajak masyarakat untuk bisa menyimpan sebagian uangnya di Bank NTT untuk kebaikan kita bersama.
Sebagai informasi Jumlah Kepala Keluarga di Desa Asumanu sebanyak 513 KK, dan jumlah KK penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD) sebanyak 235 KK, Penerima PKH sebanyak 111 KK, jumlah penerima Bantuan Sosial Tunai sebanyak 65 KK, jumlah penerima BPNT sebanyak 72 KK dan sebagai informasi masih ada 22 KK yang belum menerima bantuan akan dimasukkan pada Program Jaring Pengaman Sosial (JPS).
Turut hadir dalam acara penyerahan Bantuan Langsung Tunai dalam rangka penanggulangan Covid -19 di Desa Asumanu antara lain Kepala Dinas PMD Kab. Belu, Kasat Pol PP Kab. Belu, Camat Raihat, Kepala Desa Asumanu, Danranmil dan Kapolsek Kecamatan Raihat.
Berita / Foto: Asih Mukti & Andy Luan

 

Facebook