Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (23/1), Dalam rangka penguatan kapasitas pengawasan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Belu melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) pengawasan Tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020, bertempat di Hotel Permata Atambua.

Rakernis ini dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Belu yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi ( Koordiv) Pengawasan hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga – Andreas Parera, S.Fil dan diikuti oleh seluruh anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se – Kabupaten Belu, Koordinator Sekretariat Bawaslu kabupaten Belu – Arnoldus Bei Nai Koli, S.Sos dan Staf pelaksana non PNS di Lingkungan Pemda Belu.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Belu mengatakan bahwa, hari ini pihaknya melakukan kegiatan peningkatan kapasitas bagi jajaranya ditingkat kecamatan dengan mengundang 3 orang anggota bersama 2 orang staf Sekretaris Kecamatan dengan tujuan agar tim kecamatan lebih solit untuk perekapan pengawasan terhadap tahapan – tahapan pilkada Kabupaten Belu.

‘’ Hari ini kita tahu bahwa tahapan rekrutan PPK sudah dimulai oleh pihak kami. Dan berdasarkan Undang – undang, kami mendapat tugas dan mandat untuk melakukan pengawasan terhadap pembentukan PPK, PPS dan Pengawas TPS. Dan perangkat kami di tiap kecamatan adalah Panwascam. Kerena itu, hari ini kami mencoba memberikan pemahaman tentang bagaimana proses perekrutan PPK itu dilakukan, sehingga teman – teman di Panwascam menbantu kami mengikuti prosesnya,’’ ungkapnya.

Pelaksanakan rakernis pengawasan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020, mendapat apresiasi positif dari anggota Panwascam. Aplonia Abuk, salah seorang Panwascam dari Kecamatan Lasiolat mengatakan, rakernis ini tentunya sangat penting karena menurutnya, melalui kegiatan ini akan menambah wawasan berpikir mereka terkait dengan pelaksanaan pilkada Kabupaten Belu yang akan dilaksankan tahun ini.

Johanes Atet, anggota Panwascam lainnya menuturkan, rakernis kali ini merupakan pengawasan pertama untuk perekrutan PKK yang ada di 12 Kecamatan se – Kabupaten Belu, sehingga kami berharap, melalui kegiatan ini kami sebagai panwascam tingkat kecamatan bisa menguatkan kami di tingkat dalam pengawasan perekrutan PPK.

‘’ Kami harap Rakernis kali ini berjalan baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Sampai hari kemarin, kami sudah melakukan pengawasan di Kecamatan Atambua Barat terkait perekrutan PPK. Akan tetapi, sampai dengan tanggal 22 Januari 2020 belum ada yang mendaftar,’’ ungkap mereka.

Sebagai narasumber dalam ra?ernis ini yakni Ketua Bawaslu Kabupaten Belu dengan materinya Teknis pengawasan Laporan Hasil Pengawasan dan Kerja Pengawasan, Maria Gisela Lumis dengan materinya Pengawasan Perekrutan PPK, PPS dan KPPS, Pengawasan Tahapan Pilkada oleh Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa – Agustinus Bau, S.Fil.
Foto/berita: Ichy Klau, Frans Leki & Okto Mali

Facebook