Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Senin(09/12), Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Belu -Drs. Hasan Mukin membuka Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Labu Bagi Ibu –Ibu KUKM, berlangsung di Aula Hotel Liurai Atambua. Dan dihadiri sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Belu – Drs. Baltasar Bouk dan Instruktus pelatihan – Ibu Aisyah Mukin.

Gambar mungkin berisi: 16 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Labu Bagi Ibu –Ibu KUKM yang diselenggarakan dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Belu bertujuan untuk memberikan pelatihan dan ketrampilan bagi ibu –ibu KUKM yang ada di 4 kelurahan wilayah kabupaten Belu yakni kelurahan beirafu, kelurahan fatukbot, kelurahan manumutin dan kelurahan berdao dan masing –masing kelurahan dengan mengirim 7 orang perutusan dari kelurahannya masing –masing.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Belu – Drs. Hasan Mukin mengatakan pelatihan kewirausahaan difokuskan kepada ibu –ibu, untuk meningkatkan perekonomian keluarga, disamping kegiatan rutin sebagai ibu rumah tangga.

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang duduk

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar sampai disini, tetapi bagaimana ibu –ibu ini bisa melanjutkan dengan memanfaatkan kondisi alam sekitanya, dengan memanfaatkan bahan–bahan lokal untuk bisa diolah agar bisa menghasilkan makanan seperti kue.

Pada kesempatan yang sama, instruk pelatihan, ibui Aisya Mukin mengatakan dalam pelatihan ini para peserta dilatih untuk mengola pangan lokal dengan berbahan dasar labu kuning, untuk membuat kue.

“Kalau kita mengunakan bahan lokal biayanya bisa lebih murah, selain itu ibu –ibu juga bisa menjadikan ini sebagai usaha home made atau usaha rumahan,” Tegasnya.

Gambar mungkin berisi: 5 orang

Ibu Aisya juga berpesan kepada semua ibu-ibu yang mengikuti pelatihan yang mengikuti kegiatan ini untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini secara baik, untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Empat resep kue yang dipraktekkan diantaranya pumpkin muffin, cake labu kuning, pudding busa labu kuning dan pie labu kuning.

Berita /Foto: Asih Mukti & Bene Luan

Facebook