Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Senin (9/10), Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah memberikan pelatihan teknis penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) / Unit Simpan Pinjam (USP), bertempat di Hotel Klaben – Atambua, Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Kegiatan yang melibatkan 30 orang peserta dari unsur koperasi yang mengelola Koperasi Simpan Pinjam / Usaha Simpan Pinjam di kabupaten Belu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan dan pengetahuan para pengurus KSP/USP, sehingga mampu melaksanakan Tugas dan Tanggung jawabnya secara maksimal sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kab. Belu – Drs. Hasan Mukin menjelaskan bahwa Pelatihan ini sangat penting bagi Koperasi yang mengelola simpan pinjam karena sesuai dengan aturan yang berlaku, KSP/USP wajib untuk melakukan penilaian kesehatan koperasi.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, dalam ruangan

“Jadi, kegiatan ini difokuskan kepada penilaian kesehatan koperasi dengan maksud pengurus koperasi bisa menilai dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum pemerintah menilainya, apakah sudah sehat, cukup sehat ataukah masih dalam proses pembinaan,” ujar Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kab. Belu.

Kadis mengakui, hampir semua koperasi di Kabupaten Belu ini belum memenuhi syarat perkoperasian, Karenanya, berbagai upaya terus dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan kemandirian mereka sehingga tidak ada kendala – kendala yang ditemui. Selain itu juga, mampu melakukan pengawasan dan pemeriksaan secara internal terhadap pengelolaan pengurus di koperasinya masing – masing.

“Mudah – mudahan semua peserta bisa mencerna dan mencermati dengan baik dan apabila ada kendala yang ditemui segera berkonsultasi ke Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah sehingga memberikan solusinyauntuk diperbaiki,” jelas Kadis.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri dan dalam ruangan

Tampil sebagai narasumber dalam pelatihan teknis penilaian kesehatan KSP dan atau USP ini yakni Sekertaris Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Belu – Drs. Balthasar Bouk dan Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan pada Dinas Koperasi dan UKM – Dra. Maria Agustina.

Berita/Foto : Norci Man & Jhon Dasilva

Facebook