Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Jumat (06/12), Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Belu menggelar Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Labu Bagi KUKM di Wilayah Kabupaten Belu, berlangsung di Aula Hotel Liurai Atambua.

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Labu bagi KUKM di Wilayah Kabupaten Belu ini dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus non fisik Tahun 2019 dari Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI dengan tujuan untuk memberikan keterampilan bagi ibu –ibu yang ada di wilayah Kabupaten Belu khususnya bagi ibu –ibu UKM dari 4 kelurahan yakni Kelurahan Lidak, Kelurahan Rinbesi, Kelurahan Umanen dan Kelurahan Tenukiik, masing –masing kelurahan mengutus 7 orang perwakilan untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan pengolahan labu. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 2 hari yakni dari tanggal 05-06 Desember 2019.

Instruktrur pada Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Labu Bagi KUKM – ibu Aisyah Mukin mengatakan pelatihan ini diadakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dengan mengundang 12 kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Belu, dan tanggal 5-6 Desember 2019 kali ini ada 4 kelurahan yang mengikuti pelatihan.

Dalam kegiatan ini peserta dilatih untuk membuat kue dengan berbahan dasar labu, dan ada 4 resep yang diolah untuk pembuatan kue kendalanya tidak ada namun ternyata banyak ibu –ibu yang belum pernah melakukan atau mengerjakan pembuatan kue dengan berbahan labu, tetapi kebanyakan dengan menggunakan bahan seperti terigu, padahal kalau kita memakai bahan lokal itu bisa lebih murah dan bisa dijadikan usaha home made atau usaha rumahan bagi ibu – ibu rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Ibu Aisyah juga berpesan kepada para peserta untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini secara baik, agar bisa menambah wawasan dan ilmu tentang pembuatan kue dengan memanfatkan bahan –bahan lokal.

Sebagai informasi Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Pengolahan Labu Bagi KUKM di Wilayah Kabupaten Belu ini akan dilanjutkan lagi pada hari Senin 9-12 Desember 2019 dengan menghadirkan peserta dari 8 kelurahan yang ada diwilayah Kabupaten Belu, resep kue yang dipraktekkan yakni pumpkin muffin, cake labu kuning, pudding busa labu dan pie labu kuning.

Berita: Asih Mukti & Bene Luan

 

Facebook