SOSIALISASI PEMANFAATAN LAHAN DI SEKITAR EMBUNG BAGI KELOMPOK TANI AI SEE

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU — Rabu (20/11), Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Belu menggelar sosialisasi pemanfaatan lahan di sekitar embung bagi kelompok tani Ai See. Sosialisasi di buka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belu – Drs. Petrus Bere, bertempat di Kantor Desa Dafala Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu.

Sosialisasi bagi kelompok tani Ai See ini sebagai proyek perubahan dalam rangka PIM dua oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Belu, sosialisasi ini sebagai inovasi untuk mengoptimalkan lahan di sekitar embung untuk menanam sayur-sayuran dengan memanfatkan air embung.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belu – Drs. Petrus Bere dalam sambutannya mengatakan sebagian masyarakat di Kabupaten Belu bekerja sebagai petani dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi adalah sektor pertanian paling besar sebanyak 2 persen oleh karena itu perlu di dorong dengan membangun embung dan lain-lain.

‘’Kita minta kepada masyarakat untuk manfaatkan embung yang di bangun pemerintah secara baik agar tidak ada lagi lahan tidur di sekitar embung, lahan kita cukup luas tidak usah lagi tinggalkan lahan pertanian pergi keluar daerah lain, lahanya ada mari kita optimalkan itu,’’ kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda mengatakan kiranya pertemuan kita hari ini bukan semata-mata karena proyek perubahan tapi saya minta agar setiap embung yang sudah di bangun segera di manfaatkan minimal dengan menanam sayuran.

” Saya minta camat dan desa dampingi masyarakat supaya menggunakan fasilitas yang sudah di bangun pemerintah khususnya kaitan dengan pertanian,’’ harapnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Belu – Geradus Mbulu, menyampaikan pemerintah telah melakukan penggusuran lahan dan penataan di sekitar embung, tinggal menunggu musim hujan, namum untuk saat ini dengan air yang ada masyarakat bisa menggarap dengan menanam tanaman holtikultura. Inisiatif dari dinas ini tidak terlepas dari masyarakat, pemerintah hanya mendorong, tetapi masyarakat yang harus melaksanakannya.

Pemerintah akan menyediakan bak penampung dan instalasi pipa sehingga kelompok ini bisa dapat melakukan penyiraman, dan menyediakan bibit sayur, sehingga masyarakat dapat menanam di lahan yang sudah tersedia. Harapan pemerintah apa yang sudah dibangun harus dijaga dan dirawat .

Hadir pada sosilisasi ini Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Belu – Nikolaus Umbu K Mbiri, Camat Tasifeto Timur, Pejabat yang mewakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Belu dan masyarakat Desa Dafala.

Foto/Berita: Anna Ukat, Sipri Luma & Dion Luan

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *