Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (30/10), Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Hari Pangan Sedunia dengan tema “Dengan Semangat Hari Pangan ke – 39 Kita Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat melalui Pengembangan Pangan Lokal Menuju Belu Sejahtera”. Kegiatan yang berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu ini, dibuka Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH.

Turut hadir dalam pembukaan HPS, Anggota DPRD Kabupaten Belu, Unsur Forkopimda plus, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan serta kelompok Tani dari 12 Kecamatan se – Kabupaten Belu.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Belu bersama anggota DPRD Belu dan Camat Tasifeto Timur menyerahkan secara simbolis bantuan berupa benih padi, jagung dan alat pertanian kepada kelompok tani.

Bupati Belu saat membuka kegiatan HPS ke – 39 mengatakan, para petani perlu mempersiapkan diri khususnya bidang ketahanan pangan yang akan dihadapi ke depan sehingga dapat dirasakan manfaatnya nanti.

Menurut Bupati, sektor pangan masih menjadi sumber perekonomian nasional terutama untuk wilayah Kabupaten Belu. Karena itu ia meminta kepada para petani untuk menanam berbagai tanaman pertanian walaupun lahan yang dimiliki masih sangat terbatas.

“Peringatan HPS ke-39 menunjukkan ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Belu. Dengan kata lain bahwa pertanian di Belu sangat produktif dan mampu mendukung ketahanan pangan,” kata Bupati Belu.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Belu – Sabina Mau Taek menyebut, dalam rangka memperingati HPS ke-39 terdapat serangkaian kegiatan yang diperlombakan, diantaranya lomba asah terampil antar Kecamatan, lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis pangan lokal. Lomba cipta jajanan kreatif dan lomba pameran diikuti para Kelompok Tani, PPL dan Kelompok Wanita Tani dari 12 Kecamatan se – Kabupaten Belu.

“Kita harap, peserta yang mengikuti lomba ini bisa mengikutinya dengan baik karena mereka yang berprestasi nantinya akan diberi penghargaan,” ungkapnya.

Usai kegiatan, Bupati Belu bersama rombongan mengunjungi sejumlah stand – stand untuk melihat dari dekat berbagai produk olahan kelompok tani yang pernah menjadi juara tingkat kabupaten akan produk olahannya.

Foto/Berita: Frans Leki & Sipri Luma

Facebook