PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGENDALIAN SAMPAH

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Rabu(16/10), Kepala Satuan (Kasat) Pol–PP Kabupaten Belu – Aloysius Mikael Fahik, S.STP melakukan Kegiatan Proyek Perubahan Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Ketertiban Umum Terhadap Penggendalian Sampah di Kota Atambua, berlangsung di Aula Kantor Satpol PP Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Kegiatan Proyek Perubahan Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Ketertiban Umum Terhadap Penggendalian Sampah di Kota Atambua ini bertujuan sebagai upaya dalam pengurangan sampah yang ada di wilayah Kabupaten Belu, selain itu juga sebagai bahan pembahasan atau tema dari proyek perubahan yang dilakukan oleh Kasat Pol PP Kabupaten Belu ini dalam mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II. Kegiatan ini dihadiri para Pimpinan OPD terkait, para Camat, Lurah dan para Kepala Sekolah dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK yang ada di wilayah Kota Atambua.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Aloysius Mikael Fahik, S.STP selaku Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Kabupaten Belu pada kesempatan ini mengatakan kegiatan ini merupakan dua rangkaian kegiatan bagaimana kita melihat potret di kota Atambua ternyata sudah banyak sampah yang cukup memprihatinkan, dan yang kedua adalah dengan penyusunan rancangan proyek perubahan sebagai salah satu syarat dalam mengikuti pelatihan kepemimpinan dengan tema ‘’ Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Ketertiban Umum Terhadap Penggendalian Sampah di Kota Atambua’’.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan dalam ruangan

“ Saya mencoba berbicara sampah tetapi dari ranah ketertiban umum dan ini menjadi tugas kita bersama tentang bagaimana kita mengendalikan sampah di kota Atambua biar tidak menjadi masalah, nah karena ketika sampah berserakan, maka ketertiban umum terganggu, oleh sebab itu kita harus berpikir bersama – sama dengan stakeholder terkait dan sepakat untuk mengatasi persoalan sampah dengan cara pencegahan dengan mensosialisasikan peraturan tentang persampahan, bagaimana dampak negatif dari sampah dan apa manfaat dari sampah itu sendiri, dengan menanamkan karakter yang baik kepada anak-anak sejak usia dini,” ujarnya.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan luar ruangan

Pada kesempatan ini, Kasat Pol PP Kabupaten Belu juga mempresentasikan proyek perubahan ini dihadapan para peserta rapat dan dilanjutkan dengan diskusi bersama. Melalui pertemuan ini juga diperoleh kesepakatan bersama yakni pada hari jumad tanggal 18 Oktober 2019 akan dilakukan jumad bersih dengan titik lokasi yakni di area jembatan Hotel Timor Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, untuk masing – masing Kelurahan dan RT agar dapat melakukan jumad bersih.

Kegiatan jumat bersih dilakukan untuk menanamkan sejak dini terkait pentingnya membuang sampah pada tempatnya, perlu adanya bank sampah ditingkat kelurahan, pelimpahan kewenangan kepada Camat tentang penggelolaan sampah dan mensosialisasikan tentang pembuangan sampah melalui media-media elektronik.

Berita /Foto: Asih Mukti & Jhon Dasilva

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *