Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU-Selasa (15/10), Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan di dampingi Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Belu, Kepala Bank NTT Cabang Atambua, melaunching kegiatan Inovasi Tabur PBB-P2 (Tabungan Rakyat Sektor Perdesaan dan Perkotaan ) yang ditandai dengan pemukulan Tihar, berlangsung di aula Kantor Desa Sarabau, Kecamatan Tasifeto Timur.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan

Launching inovasi Tabur PBB-P2 yang bertemakan ‘’ Mai Ita Selu Bea Hodi Hader Rai Belu Bodik Hadia Renu Belu Tomak’’ bertujuan untuk menemukan langkah kongkrit penanganan masalah pembayaran PBB-P2, mengoptimalkan sistem penagihan pajak sehingga berdampak pada efektifitas dan efisien anggaran, selain itu juga dari aspek waktu dapat memastikan dengan penerapan inovasi yang dilakukan bersama masyarakat sehingga terbantu untuk disiplin dalam membayar pajak PBB-P2 tepat waktu serta meningkatkan penerimaan daerah sektor pajak sehingga menekan angka piutang pajak tidak bertambah dari tahun ke tahun.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum

Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan mengatakan ada beberapa inovasi yang di lakukan oleh BAPENDA Kabupaten Belu, salah satunya adalah launching inovasi tabur PBB-P2 yang bekerjasama dengan Bank NTT sehingga dengan adanya inovasi ini bisa memotivasi dan memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk bisa belajar menabung juga untuk menyadarkan masyarakat menjadi warga Negara Indonesia yang baik mereka wajib membayar pajak sehingga setiap tahun mereka tidak perlu lagi dikejar oleh petugas.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang duduk

‘’ Untuk inovasi tabur ini bisa mengamankan mereka dari pelunasan hutang PBB setiap tahun sehingga bisa menjadi dampak dan manfaat kepada Bank NTT untuk adanya banyak tabungan sekaligus untuk pembangunan NTT kedepan. Keterlibatan masyarakat dalam upaya sadar menabung itu memang perlu dihidupkan dan disampaikan kepada masyarakat agar mereka bisa belajar menabung,” ujar Wakil Bupati Belu usai kegiatan inovasi.

Sementara itu Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Belu – Jonisius R. Mali, SH mengungkapkan dalam Inovasi TABUR PBB-P2 ini ada dua variabel penting yakni menabung dan meningkatkan kesadaran kepada masyarakat untuk membayar pajak. Dirinya juga menambahkan tujuan di adakan TABUR ini penerimaan dari sektor PBB-P2 ini memang belum maksimal dengan adanya gerakan menabung diharapkan masyarakat lebih mudah dan cepat membayar pajak.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, lensa kaca mata

Lanjut Kaban dengan adanya kerjasama ini diharapkan bisa mempercepat dan mempermudah masyarakat untuk membayar pajak serta bisa membantu masyarakat dalam hal mendukung kredit-kredit usaha kecil bagi masyarakat.

‘’ Harapan kami, agar inovasi ini bisa berjalan dengan baik dan menjadi contoh yang baik untuk masyarakat,’’ tandasnya.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri dan topi

Untuk diketahui Launching Inovasi TABUR PBB-P2 dengan Titik Star dimulai pada Desa Sarabau Kecamatan Tasifeto Timur dan akan berlanjut pada 8 Desa lainnya sebagai Desa Project Leader Inovasi TABUR PBB-P2. Dalam kegiatan ini juga di lakukan penyerahan buku tabungan PBB-P2 oleh Wakil Bupati Belu kepada 4 perwakilan masyarakat Desa Sarabau.

Berita/Foto: Mercy Aton & Cransen Fontes

Facebook