TP PKK KELURAHAN TULAMALAE GELAR LOMBA PENYULUHAN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (04/10), Kepala Kelurahan Tulamalae – Martinus Loe Mau, S.Ab, membuka secara resmi Lomba Penyuluhan antar Kader Posyandu se-Kelurahan Tulamalae Kecamatan Atambua Barat. Acara ini diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Tulamalae berdasarkan pengalokasian Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2019 dari Kelurahan Tulamalae Atambua kepada Tim Penggerak PKK Kelurahan Tulamalae, yang berlangsung di balai pertemuan Kelurahan Tulamalae, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana Kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan maka Kelurahan Tulamalae mengalokasikan DPA tahun 2019 kepada TP PKK Kelurahan untuk menggelar Lomba penyuluhan antar kader posyandu se-Keluarahan Tulamalae.

Kegiatan lomba penyuluhan antar kader posyandu se-Kelurahan Tulamalae ini bertujuan untuk memberikan PMT yang sehat dan aman bagi balita serta bernilai gizi, para kader mampu mengembangkan kemampuan dalam memberikan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat khususnya orang tua balita dan orang tua balita juga mendapatkan informasi gizi balita PHBS, pola asuh dan stunting sehingga pada akhirnya para orang tua balita mampu mencapai dan mempertahankan status gizi balita yang optimal. Ada 4 kelurahan yang mengikuti lomba penyuluhan antar kader posyandu yakni Posyandu Tulamalae I dengan materi penyuluhan “Stunting”, Posyandu II dengan materi penyuluhannya “PHBS”, Posyandu Nekafehan dengan Materi penyuluhannya “Gizi Balita” dan Posyandu Toro dengan materi penyuluhannya “Pola Asuh”.

Pada kesempatan ini Lurah Tulamalae Atambua – Martinus Loe Mau, S.Ab mengatakan demi mensejahterakan masyarakat Kelurahan Tulamalae berbagai kegiatan dilakukan dan salah satunya yakni dengan lomba penyuluhan antar kader posyandu, juga memotivasi para kader untuk bisa memberikan penyuluhan yang berkualitas kepada masyarakat terutama pada ibu dan anak.

” Untuk tahun ini didalam anggaran kami hanya satu yang kami lakukan yakni lomba penyuluhan antar kader dan terkait kegiatan lain kami juga melaksanakan program kegiatan di bidang pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang kesehatan yaitu melakukan kegiatan pemberian makanan tambahan untuk balita yang ada di Kelurahan Tulamalae dan kegiatan ini sumber dananya berasal dari Dana Kelurahan Tahun Anggaran 2019 itu di bidang pemberdayaan masyarakat, untuk program di bidang pembangunan sarana dan prasarana tahun ini di bidang kesehatan juga akan di lakukan pemeliharaan gedung balai kesehatan yang ada Kelurahan Tulamalae,” kata Lurah Tulamalae.

Selanjutnya Lurah Tulamalae juga menyampaikan bahwa kegiatan ini telah rutin di laksanakan dari tahun ke tahun yang akan datang sehingga kedepannya bisa dilaksanakan secara rutin. Dengan harapan kedepan dengan adanya dukungan pemerintah baik pusat maupun daerah tentunya dibidang pembangunan kesehatan di Kelurahan Tulamalae bisa kita tingkatkan lagi peran serta dari Pemerintah Kelurahan berupa intervensi program kegiatan yang bisa membantu mulai dari dukungan keluarga dan lingkungan sekitar.

” Dengan adanya program yang dilaksanakan ini kita harap terkait dengan tingkat gizi buruk bisa berkurang dan permasalahan stunting juga bisa berkurang. Sehingga kedepannya dapat membangun generasi penerus yang jauh lebih baik lagi,” tegas Lurah Tulamalae.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kelurahan Tulamalae – Prisca Regina Rada, S.Gz mengungkapkan tujuan diadakan lomba penyuluhan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan para kader dalam memberikan informasi penyuluhan kepada masing – masing posyandu yang ada di Kelurahan Tulamalae, serta meningkatkan kualitas para kader untuk memberikan penyuluhan. Yang mengikuti lomba ini adalah utusan dari masing – masing Posyandu Kelurahan Tulamalae dan Materi yang diberikan dalam lomba penyuluhan ini yakni Materi Gizi Balita, PHBS, Pola Asuh dan Stunting.

Dirinya juga berpesan kepada peserta yang keluar sebagai juara dalam lomba ini untuk bisa lebih mempersiapkan diri sebaik-baiknya, agar dapat mengikuti lomba penyuluhan di tingkat Kabupaten. Dengan harapan kedepan, kehidupan mereka semakin lebih baik sehingga anak-anak dan balita di Kelurahan tulamalae tidak masuk dalam kategori gizi kuran atau gizi buruk.

Hadir sebagai juri dalam Lomba Penyuluhan Antar Kader Posyandu se-Kelurahan Tulamalae Kecamatan Atambua Barat yakni, Delviana R. Beni, Victoria Nahak, Bene Agas, dan Rice Araujo.

Yang berhasil sebagai pemenang dalam lomba penyuluhan antar kader posyandu se-Kelurahan Tulamalae yakni juara 1 Posyandu Tulamalae II dengan nilai 1.725, juara 2 Posyandu Tulamalae I dengan nilai 1.610, juara 3 Posyandu Toro dengan nilai 1.540 dan juara 4 dari Posyandu Nekafehan dengan total nilai 1.417. Masing – masing pemenang akan diberikan hadiah berupa uang tunai.

Berita/Foto: Mercy Aton & Sipri Luma

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *