CEGAH TERJADINYA TINDAK KRIMINAL DAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA, DISPENDUKCAPIL BELU GELAR TILANG E-KTP

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (04/09), Petugas gabungan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Belu dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Belu melakukan tilang bagi pengendara yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dijalan Atapupu Motaain Lakafehan, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, sepeda Motor, pohon dan luar ruangan

Dalam melakukan tilang ini, Dispendukcapil juga menggandeng petugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dari Polres Belu dan Polisi Militer (PM).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu – Drs. Wilibrodus Leto mengatakan, tilang E-KTP ini dilakukan setiap tahun dengan tujuan selain memotivasi dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya memiliki identitas kependudukan, juga untuk mencegah terjadinya tindak kriminal seperti terorisme dan penyalahgunaan narkotika dan obat – obat terlarang (Narkoba) dari negara tetangga yang masuk ke Indonesia.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan lensa kaca mata

Ditambahkannya, dari hasil tilang tersebut pihaknya menjaring sebanyak 160 pengendara yang tidak memiliki E-KTP, baik pengendara yang berasal dari Kabupaten TTS, Kabupaten Malaka, Kabupaten Alor maupun Warga Negara Asing.

” Tilang E-KTP sudah ditetapkan dalam DPA Tahun 2019 pada triwulan ketiga. Jadi bagi masyarakat yang belum memiliki E-KTP agar segera mengurus di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Belu maupun di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Belu,” ungkapnya.

Menurut Kadis, pengadaan blangko E-KTP untuk Kabupaten/Kota se – Indonesia tahun ini sebanyak 500 keping. Untuk Kabupaten Belu sendiri masih kosong karena pada tahun ini pihaknya melakukan pengadaan E-KTP bagi pemilih yang belum memiliki E- KTP pada pileg dan pilpres 17 April 2019 yang lalu.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk

” Saya harap, perubahan anggaran tahun ini ada penggadaan blangko E-KTP, sehingga warga yang belum memiliki E-KTP bisa mengurusnya di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Belu,” ucapnya.

Untuk diketahui, tilang bagi pengendara yang tidak memiliki E-KTP akan berlangsung dari tanggal 4 September hingga tanggal 6 September 2019 di Desa Naitimu, Kecamatan Tasifeto Barat dan Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Foto/Berita: Frans Leki & Bene Luan

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *