KELURAHAN MANUAMAN GELAR BIMTEK PENINGKATAN KAPASITAS LEMBAGA KEMASYARAKATAN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Senin (02/09), Untuk meningkatkan peran kelembagaan dalam menjalankan program pembangunan secara partisipasif ditingkat kelurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belu melalui Pemerintah Kelurahan Manuaman menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kelurahan Manuaman Tahun 2019, di halaman Kantor Kelurahan Manuaman, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan luar ruangan

Bimtek Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kelurahan Manuaman Tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Lurah Manuaman – Selviana Seran, S.IP, didampingi Camat Atambua Selatan – Siktus Robert Parera, SH dan Komandan Rayon Militer (Danramil) 1605/Kota Atambua – Mayor Kav. Yatman.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan

Lurah Manuaman – Selviana Seran, S.IP mengatakan, bimtek peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan diikuti para pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Ketua Rukun Tetangga (RT), Ketua Rukun Warga (RW), Tim Penggerak PKK, para Kader Posyandu, Forum Adat, Karang Taruna, Perlindungan Masyarakat (Linmas) se – Kelurahan Manuaman dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan para anggota Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) tentang tugas pokok dan fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang merupakan mitra Pemerintah. Di samping itu, bimtek ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah atas pengabdian pengurus kelembagaan kelurahan dalam membantu pemerintah dalam hal percepatan pembangunan berbasis masyarakat agar tepat sasaran, tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

“ Jadi sebelum kita bekerja, kita bimtek untuk masing – masing lembaga kemasyarakatan agar tahu tugas pokok dan fungsinya dalam menumbuhkan pembangunan itu seperti apa. Setelah itu kita tindak lanjut dengan kegiatan – kegiatan yang melibatkan semua komponen masyarakat yaitu pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan ekonomi, dan fasiltas pembangunan yang tentunya berguna untuk kemajuan Kelurahan Manuaman yang maju dan berkualitas. Untuk itu, Lurah berharap, melalui Bimtek ini dapat memberikan motivasi dan semangat kerja, menciptakan aparatur kelurahan yang berkualitas dan berintegritas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehingga penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang peserta bimtek – Drs. Alfonsius Manek, S.IP mengatakan, bimtek ini sangat penting bagi beberapa komponen penting dalam lembaga kelurahan karena berkaitan dengan peningkatan kapasitas kelembagaan, karena melalui kegiatan ini dapat menggerakkan partisipasi masyarakat sebagai salah satu faktor keberhasilan pembangunan berbasis masyarakat di tingkat kelurahan.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang duduk

“ Saya berharap, para pengurus kelembagaan kelurahan setelah mendapatkan materi dari para narasumber dapat melaksanakan tugasnya dalam upaya pemberdayaan masyarakat sesuai dengan pedoman yang berlaku,” ujar Alfons yang juga sebagai ketua RT 01/ RW 01 Kelurahan Manuaman.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan luar ruangan

Materi – materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang dibawakan oleh Danramil1605/Kota Atambua – Mayor Kav. Yatman, Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan yang dibawakan oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Atambua Selatan – Vinsensius Moruk, HIV/AIDS yang dibawakan oleh Staf dari Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Kabupaten Belu – Marselinus Siga, SE, Tata Cara Pengurusan Perijinan yang dibawakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Belu – Domi Bone, Peran PKK dalam Pembangunan yang dibawakan oleh Fransiskus Untung, serta Tata Cara Pengurusan Dokumen Kependuduukan yang dibawakan oleh Kabid pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu – Maxi Mau Meta, SH.

Foto/Berita: Frans Leki & Okto Mali

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *