DINAS KOMINFO KAB. BELU GELAR LOMBA WEBSITE TINGKAT DESA TAHUN 2019

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (13/08), Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Belu menggelar Lomba Website Desa bagi 69 Desa se – Kabupaten Belu Tahun 2019.

Dari 69 desa di Kab. Belu sebanyak 53 desa yang ikut ambil bagian dalam Lomba Website Desa. Setelah dinilai melalui berbagai kriteria yang sudah ditetapkan oleh panitia lomba, ada 4 desa yang memiliki kriteria website desa terbaik. Kriteria perlombaan yang dinilai meliputi kelembagaan desa, tata kelola keuangan, pemetaan desa, sumber daya manusia, regulasi yang mengatur tim pengelola website desa, sarana yang tersedia serta penyediaan aset internet desa.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu – Johanes Andes Prihatin, SE. MSI mengatakan, lomba website desa yang diselenggarakan Dinas Kominfo Kab. Belu merupakan salah satu bentuk komitmen pihaknya dalam rangka selain turut memeriahkan HUT ke -74 RI pada 17 Agustus 2019 juga untuk memberikan motivasi kepada desa -desa agar dapat mengolah website dengan baik.

Kadis menambahkan, Bagi desa yang belum memiliki website, moment ini merupakan motivasi bagi mereka agar terpacu untuk membuat website desa sebagaimana himbauan dari pihaknya beberapa waktu yang lalu.

“ Kepemilikan dan pengelolaan website desa itu sebenarnya tidak susah. Jadi, Kepala Desa cukup menyiapkan satu orang dari desanya yang ditunjuk sebagai admin. Admin ini nantinya akan dilatih oleh Dinas Kominfo. Selain itu, tugas dan tanggungjawab penyediaan domain dan dukungan teknis akan diberikan oleh Dinas Kominfo. Oleh Kerena itu, Pemerintah Kabupaten Belu terus mendorong agar pemerintah desa memiliki website karena selain merupakan sarana transpirasi pengelola desa yang murah dan jangkauannya paling kuat, juga sebagai sarana promosi potensi – potensi yang ada di desa agar dikenal oleh masyarakat luas,” ungkap Kadis di ruang kerjanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Infrastruktur dan Teknologi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu – Djitro Djon Muskanan, S.Sos. MM menyebut, terkait dengan diumumkan pemenang lomba website desa tingkat Kabupaten Belu tahun 2019 sebenarnya merupakan salah satu strategi dari dinas teknis khususnya Dinas Kominfo Kab. Belu sehubungan dengan diterbitkanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019 tentang pelayanan pemerintahan.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan telepon

Kabid menambahkan, website desa merupakan salah satu sarana informasi publik yang harus disampaikan oleh penyelenggara publik berkenaan dengan apa saja yang sudah terjadi di masyarakat seperti pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Oleh karena itu, melalui event ini diharapkan dapat memotivasi para kepala desa sebagai ujung tombak pelayanan publik di desa.

“ Kehadiran website desa ini tentunya sangat membantu masyarakat di tingkat bawah yang tidak bisa mengakses berbagai informasi publik melalui jaringan internet yang tersedia, sehingga diharapkan masyarakat ditingkat bawah dapat memanfaatkan peluang ini sebagai korelasi yang baik dalam upaya mendukung program pemerintah pusat yang sudah memberikan kemudahan – kemudahan kepada masyarakat,” Sebutnya.

Untuk diketahui, Pemenang lomba website desa akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus tahun 2019 sekaligus penyerahan hadiah yang akan diserahkan secara langsung oleh Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH bertempat di Lapangan Simpang Lima Atambua.

Foto/Berita: Frans Leki & Auxila Dora

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *