6 KELURAHAN SE-KOTA ATAMBUA IKUTI FESTIVAL LOMBA TEBE

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU–Sabtu(10/08), Dalam rangka menyongsong peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019, Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu menyelenggarakan Festival lomba tebe antar Kelurahan se-Kota Atambua di Halaman Plaza Pelayanan Publik Atambua-Timor.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang berdiri

Festival lomba tebe diikuti enam Kelurahan se-Kota Atambua, yakni Kelurahan Umanen, Kelurahan Fatukbot, Kelurahan Beirafu, Kelurahan Fatubenao, Kelurahan Tulamalae dan Kelurahan Rinbesi. Festival ini menampilkan beberapa budaya seperti tebe Kreasi dan tebe Lese Luan diiringi lagu Manu kokorek.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang menari, orang di panggung dan orang berdiri

Hadir dalam festifal lomba tebe, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu, para Lurah dan peserta tebe.

Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan saat membuka kegiatan lomba tebe mengatakan, festival ini sebagai moment penting untuk mengenang jasa para pejuang yang telah gugur dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Oleh karena itu, kekhasan budaya yang hidup ini terus dipelihara dan dikembangkan sebagai budaya lokal.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri, malam dan luar ruangan

” Kita bersyukur kepada Tuhan karena sudah memberikan kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia lewat para pejuang sehingga menjadikan bangsa yang beraneka ragam ini menjadi satu, yakni satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. Kita harus pertahankan itu dalam Bhineka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Ketua Dewan Juri Lomba Tebe – Yoseph Mau Leon dalam arahannya mengatakan, kegiatan lomba tebe ini bertujuan untuk melestarikan nilai – nilai budaya yang kini kian pudar di masyarakat, khususnya pada dunia pendidikan.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang berdiri

” Dunia pendidikan merupakan fondasi utama penerapan nilai – nilai budaya, sehingga ke depan para generasi muda mampu mewarisi kekayaan budaya di daerahnya,” ujarnya.

Hasil festifal lomba tebe akan di umumkan pada tanggal 17 Agustus 2019, di Lapangan Simpang Lima Atambua.

Berita/Foto: Frans Leki & Andi Luan

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *