Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Kamis (01/08), Pada kegiatan Pelatihan Tim Penggerak PKK Kecamatan Tingkat Kabupaten Belu ini juga dilakukan pelatihan Barista bagi ibu-ibu Tim Pokja Tiga PKK pelajar SMKK dan Pemuda OMK. Pelatihan berlangsung di ruang Cafe Teknologi Pembangunan DPMD Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Selain untuk menambah pengetahuan, Pelatihan Barista ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keterampilan dalam menyiapkan dan menyajikan kopi espresso secara profesional, bagi ibu-ibu tim penggerak PKK Kecamatan, para pelajar SMKK serta Pemuda OMK yang ada di wilayah Kabupaten Belu. Pelatihan Barista ini menghadirkan Pemateri Rm. Adi Ampolo dengan materinya yakni “Teknik Pembuatan Kopi dan Manajemen Kopi”.

Gambar mungkin berisi: 10 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Dalam Materi yg dibawakannya, Romo Adi Ampolo menerangkan bagaimana membangun sebuah manajemen, seperti rencana membuat cafe/kedai kopi, selain itu Romo Adi juga menyebutkan jenis-jenis kopi, cara meracik kopi, takaran kopi, serta cita rasa dari kopi itu sendiri seperti apa, sehingga peserta pelatihan lebih banyak mendapatkan pengetahuan serta keterampilan dalam membuat kopi yang berkualitas.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Pada tempat yang sama, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Belu – Lidwina Viviawati Ng Lay dalam arahannya mengatakan dengan melibatkan anak muda ini diharapkan dapat memberikan pandangan dan wawasan serta keterampilan bagi generasi muda dan ibu–ibu pokja tiga dalam menangkap peluang usaha, apalagi Kabupaten Belu merupakan kawasan daerah perbatasan dan banyak memiliki obyek-obyek wisata, hal ini dimaksudkan agar masyarakat, baik itu kawula muda, ibu–ibu PKK Pokja Tiga dapat menjadi motor penggerak di wilayahnya masing–masing dan bisa menangkap peluang usaha seperti menyediakan kuliner dan menyediakan kopi. Melalui dinas terkait akan dilakukan kerjasama untuk membantu masyarakat maupun kawula muda yang ingin membuka usaha dan akan dilakukan pendampingan untuk kedepannya.

Gambar mungkin berisi: dalam ruangan

Usai pemberian materi Rm. Adi Ampolo melakukan praktek barista di hadapan Ketua Penggerak PKK Kabupaten Belu – Lidwina Viviawati Ng Lay dan para peserta pelatihan yakni ibu-ibu PKK Pokja tiga, Pelajar SMKK dan Pemuda OMK

Berita /Foto: Asih Mukti/Bene Luan

Facebook