BUPATI BELU HADIRI SIDANG I DPRD BELU TAHUN 2019

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB.BELU – Senin (15/07), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belu menggelar Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang Satu Tahun 2019, di Ruang Sidang DPRD Kab. Belu. Sidang I ini akan berlangsung dari tanggal 15 Juli hingga 29 Juli mendatang.

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang duduk dan orang berdiri

Rapat Paripurna pembukaan sidang I ini dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kab. Belu, Januaria Awalde Berek dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belu, Benediktus J. Halle, SH dan Yeremias Manek Junior. Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH, Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Plus, Sekertaris Daerah Kabupaten Belu. Drs. Petrus Bere, Para Asisten Sekda Belu, Staf Ahli dan Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Belu.

Gambar mungkin berisi: 2 orang

Ketua DPRD Belu dalam penyampaian pidatonya bahwa berdasarkan keputusan Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Belu No. 5 Tahun 2019 pada tanggal 4 Juli 2019 terdapat 3 agenda pokok yang akan dilaksanakan pada masa persidangan pertama Tahun 2019 yaitu Pertama, Penyampaian Nota Pengantar atas Rancangan Peraturan Daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, kedua, Pembahasan satu Rancangan Peraturan daerah inisiatif DPRD Kabupaten Belu dan tiga Rancangan Perda yang diajukan eksekutif dan ketiga, pembahasan dan penetapan KUA – PPAS Tahun anggaran 2020.

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang duduk

Dikatakan bahwa karena makro ekonomi dan parameter kondisi sosial politik digunakan pemerintah untuk mengukur keberhasilan pembangunan di wilayah kabupaten Belu seperti termuat dalam nota pengantar atas Rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun 2018 menunjukkan terjadinya peningkatan pertumbuhan ekonomi serta perkembangan sosial politik yang kondusif, namun demikian dewan menilai bahwa peningkatan angka makro ekonomi tidak menggambarkan penerimaan penduduk secara real karena secara mikro ekonomi pendistribusian pendapatan pada masyarakat Kabupaten Belu belum sepenuhnya merata untuk itu dewan meminta pemerintah meningkatkan jumlah investasi serta melakukan pemerataan dan perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat Kabupaten Belu sehingga kondisi perekonomian masyarakat berbanding lurus dengan kondisi makro ekonomi.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, bunga dan tanaman

Ketua DPRD juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah terkait Hasil pemeriksaan BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2018 yaitu Wajar Tanpa Pengecualian Atau WTP.

Selanjutnya Bupati Belu mengatakan dalam agenda sidang pertenggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 Pemerintah Daerah mengajukan 4 buah Rancangan Peraturan Pemerintah Daerah Belu yaitu Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, Rancangan Peraturan Daerah tentang penyelenggaraan ketentraman ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, Rancangan Peraturan Daerah tentang penyelenggaraan kearsipan dan Rancangan Peraturan Daerah tentang pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Belu Nomor 19 Tahun 2017 tentang Lembaga Penyiaran Publik Lokal Televisi Belu.

Gambar mungkin berisi: 14 orang, orang duduk

Bupati Juga memberikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang secara konsisten setiap tahun mengusulkan Rancangan peraturan daerah inisiatif dan pada tahun ini Rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD kabupaten Belu adalah tentang penyelenggaraan Kabupaten layak anak.

Gambar mungkin berisi: 5 orang

Bupati Berharap, rancangan peraturan daerah yang diajukan oleh Pemerintah Daerah maupun inisiatif DPRD Kabupaten Belu dapat dikaji secara cermat, tepat, cepat dan terukur serta lebih mendalam sesuai mekanisme sidang yang berlaku sehingga setelah menjadi Peraturan Daerah mampu menjadi payung hukum yang berkualitas bagi penyelenggaraan kepentingan umum dan tata kelola arsip Kabupaten Belu demi terwujudnya ketentraman dan ketertiban umum sebagai wujud kehadiran negara dalam mengatur dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk dan teks

Usai Rapat Paripurna Pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian dan Pembahasan Keputusan Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Belu tentang waktu dan acara sidang I tahun 2019, kemudian penyerahan KUA – PPAS Tahun Anggaran 2020 oleh Bupati Belu kepada Ketua DPRD Kabupaten Belu.

Berita / Foto: Norci Man, Sipri Luma & Jun Nai Buti

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *