SOSIALISASI PENERAPAN E-SURAT BAGI OPD LINGKUP PEMKAB BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (4/7), Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Belu – Drs. Arnoldus Bria Seo mewakili Bupati Belu membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Penerapan E-Surat bagi Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Belu, berlangsung di Aula Lantai Satu Kantor Bupati Belu.

Sosialisasi Penerapan E-Surat ini merupakan salah satu upaya yang digagas Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT dengan tujuan membagikan pengalaman dan mengaplikasikan pengetahuan seputar penerapan E-Surat (E-Nadin NTT) kepada Instansi Pemerintah di Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Dalam arahan tertulis Bupati Belu yang di bacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Belu – Drs. Arnoldus Bria Seo mengatakan persuratan menjadi hal yang tidak terlepas dari aktivitas keseharian instansi Pemerintah, dimana sistem surat – menyurat menjadi salah satu media komunikasi tertulis antar instansi pemerintah ataupun masyarakat, sehingga saat ini, surat masih dijadikan rujukan utama setiap aktivitas di instansi Pemerintahan. Persuratan pada Instansi Pemerintah secara umum masih berjalan manual. Sementara hal tersebut tidak seimbang dengan intensitas persuratan yang makin tinggi.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

Berkenan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Belu telah memiliki Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang mana dalam pasal 9 ayat (1) huruf (a) menyebutkan bahwa aplikasi umum disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu yakni terkait aplikasi E-Government yang bersifat kode sumber terbuka dan salah satu bentuknya adalah Penerapan Surat Elektronik (E-Surat).

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang duduk

Karena kemajuan teknologi saat ini sudah semakin canggih dan berkembang, maka dengan adanya kegiatan sosialisasi ini sistem surat – menyurat pemerintahan yang masih berjalan manual, diharapkan menjadi salah satu solusi yang dapat diterapkan pada instansi Pemerintah di Kabupaten Belu.

Lebih lanjut disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Belu – Drs.Arnoldus Bria Seo bahwa di era seperti saat ini kemajuan teknologi sudah semakin pesat dan segala bentuk urusan pun sudah menggunakan sistem online, oleh karena itu dengan sosialisasi ini manfaatkan sebaik – baiknya untuk memperoleh pengetahuan yang berkaitan dengan penerapan sistem surat – menyurat secara elektonik.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum, duduk dan dalam ruangan

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT – Drs.Aba Maulaka menjelaskan bahwa di era digitalisasi seperti sekarang ini Penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) sudah diberlakukan di setiap tata kelola pemerintahan. Untuk itu, kegiatan ini menjadi stimulan bagi instasi pemerintah di Kabupaten Belu untuk melaksanakan SPBE.

“ Karena Pemerintah Provinsi NTT sudah melaksanakan SPBE dalam pelaksanaan tata naskah dinasnya, maka kehadiran kami di Kabupaten Belu ini untuk mendorong Pemkab Belu agar berkolaborasi dengan Pemprov NTT untuk berintegrasi menerapkan sistem – sistem pemerintahan yang berbasis elektronik, sehingga berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tutur Kadis Kominfo Provinsi NTT – Drs. Aba Maulaka usai menyampaikan materi kepada OPD Kabupaten Belu di Aula Lantai Satu pada Kamis(04/7).

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang duduk

Untuk menerapkan sistem E-Surat ini menurutnya banyak manfaat yang diperoleh diantaranya dapat menghemat kertas untuk mengcopy disposisi dan mencetak surat. Selain itu juga resiko kehilangan dan kerusakan dokumen pun akan berkurang.
“Dalam penerapan E-Surat ini banyak manfaat yang akan didapat bila Pemerintah Kabupaten menerapkan sistem tersebut, bukan saja efektif penggunaan waktu, kelancaran tugas dan penghematan kertas juga diperoleh,” tegas Kadis Kominfo Provinsi NTT.

Hadir juga dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Belu – Johanes Andes Prihatin,SE,M.Si dan Staf Teknis pada Dinas Kominfo Provinsi NTT Petrix Nomleni

Berita /Foto: Norci Man & Bene Luan

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *