PEMPROV NTT TERAPKAN APLIKASI E-ABSENSI DAN E-SURAT

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (4/7), Untuk mempermudah bentuk urusan surat–menyurat dan pemantauan kehadiran serta kinerja Pegawai, Pemerintah Provinsi NTT menerapkan Aplikasi Absensi dan Aplikasi Surat secara elektronik dalam penyelenggaraan Pemerintahan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT – Drs. Aba Maulaka, saat memberikan sosialisasi Penerapan E- Surat bagi OPD di Lingkup Pemkab Belu, pada Kamis (4/7).

Kedua Aplikasi yang diterapkan ini sebagai upaya untuk membantu cara kerja pemerintah di instansi masing – masing agar lebih efisien, efektif dan transparan dalam pengelolaan administrasi.

“Dalam penyelenggaaraan sistem pemerintahan pada Pemprov NTT dinilai masih sangat minim. Karena itu, dengan adanya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang salah satu bentuknya adalah Penerapan E–Surat dan E-Absensi ini membantu cara kerja pengelolaan administrasi agar lebih efisien dan efektif,” kata Kadis Kominfo Provinsi NTT.

Gambar mungkin berisi: 7 orang

Aplikasi itu, menurutnya akan memudahkan proses surat–menyurat, mengontrol, memilah dan bahkan menghemat waktu.
Lanjutnya penerapan aplikasi ini sudah dilakukan semua instansi dan Pemerintah Prov NTT melalui dinas Kominfo berkomitmen untuk menerapkan aplikasi ini di seluruh instasi di pemerintah kota/Kabupaten di Provinsi NTT.

“Aplikasi absensi ini bertujuan untuk mendukung program Gubernur yakni mendisiplinkan seluruh pegawai di Pemprov NTT,” imbuhnya.

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang duduk

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Belu – Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTT dalam hal ini Kepala Dinas Kominfo NTT bersama Tim yang sudah hadir untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada OPD di Lingkup Pemkab Belu terkait penerapan SPBE. Perlu diketahui juga SPBE ini merupakan salah satu instruksi Presiden.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan dalam ruangan

“ Jadi, pertemuan yang dilakukan hari ini sangat bagus dan bermanfaat bagi seluruh OPD di Kabupaten Belu karena sosiallisasi ini memberikan dampak positif bagaimana fungsi SBPE bagi kita di Instansi Pemerintah,” jelas Kadis Kominfo Kabupaten Belu.

Kadis mengatakan Dinas Kominfo yang sebagai Dinas Teknis akan mempersiapkan kerangka kebijakan untuk mengimplemntasikan sistem ini. Dengan harapan selambat–lambatnya tahun depan atau Tahun 2021 semuanya sudah bisa dilaksanakan. Yang diutamakan terlebih dahulu adalah E- Absensi.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, dalam ruangan

Selain Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT yang tampil sebagai Narasumber, ada juga Staf Teknis pada Dinas Kominfo Provinsi NTT – Petrix Nomleni dengan judul materi “Implementasi E-Office Pemerintah Provinsi NTT”.

Berita / Foto : Norci Man & Bene Luan

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *