KELURAHAN MANUAMAN TERPILIH MENJADI PERWAKILAN KABUPATEN BELU DALAM AJANG PERLOMBAAN KELURAHAN TINGKAT PROVINSI

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (28/06), Tim Penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Tim Penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belu melakukan penilaian lomba Kelurahan Tingkat Provinsi NTT Tahun 2019 di Balai Kemitraan Polisi dan masyarakat (BKPM) Kelurahan Manuaman, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 2 orang

Kelurahan Manuaman, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu menjadi satu – satunya perwakilan Kelurahan yang maju pada perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal ini merupakan kebangaan, karena dari 12 Kelurahan yang ada di Kabupaten Belu, hanya Kelurahan Manuaman yang diikutsertakan untuk diperlombakan di Provinsi NTT.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang duduk

Ketua Fungsional Umum pada DPMD Provinsi NTT – Demy Ku, SH yang juga selaku Ketua Tim penilaian lomba kelurahan mengatakan, ada beberapa indikator penilaian dalam perlombaan kelurahan tingkat Provinsi NTT sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 81 Tahun 2015 tentang Edukasi Tingkat Perkembangan Pemerintahan Desa dan Kelurahan. Salah satu indikator yang menjadi penilaian adalah terobosan atau inovasi yang dilakukan oleh Kepala kelurahan dalam mengatasi permasalahan di bidang kewilayaan, pemerintahan dan kemasyarakatan. Penilaian ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi bagi para pemangku kepentingan yang ada di tingkat kelurahan agar lebih meningkatkan program – program terkait kewilayahan dan kemasyarakatan.

“Kegiatan penilaian ini sangat penting. Hal ini dipandang perlu untuk mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk berkompoten dalam meningkatkan pelayanan publik,” ungkapnya.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kelurahan Manuaman – Selviana Seran, S.IP mengungkapkan lomba penilaian ini merupakan salah satu bentuk evaluasi pembangunan di tingkat kelurahan baik di bidang pemerintahan, kewilayahan dan juga kemasyarakatan. Oleh karena itu, pihaknya bersama masyarakat Kelurahan manuaman mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini karena menjadi motivasi untuk membenahi kelurahan yang berkualitas, berbudaya dan mandiri sesuai dengan visi dan misi Kelurahan Manuaman.

“Kami memiliki inovasi menuju kelurahan digital melalui sistem informasi pelayanan publik yang cepat dan prima, sms banking sistem token dan penerapan aplikasi akta digital sehingga masyarakat benar – benar merasakan bahwa sudah terjadi perubahan pelayanan surat menyurat di kelurahan. Kalo dulu masyarakat harus ambil surat pengantar dari Rukun tetangga ( RT ) , nanti setelah launching aplikasi, penduduk kelurahan Manuaman yang sudah masuk database kelurahan bisa mengakses surat – menyurat baik melalui handphone (HP), laptop dan komputer. Bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses secara online, bisa datang di kantor kelurahan dan akan kita layani,” Ungkapnya.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Atambua Selatan, Kepala kelurahan Rinbesi, Sekretaris DPMD Kabupaten Belu, anggota Tim Pengerak PPK Kabupaten Belu, Kader posyandu, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, para Ketua Rukun Tetangga dan para Ketua Rukun Warga se–Kelurahan Manuaman.

Berita/Foto: Frans Leki & Sipri Luma

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *