TINGKATKAN PENGURUSAN AKTA MELALUI APEL SI JEMPOL

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (26/06), Dalam Upaya peningkatan kepengurusan Dokumen identitas diri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu melakukan pelayanan Akta Pencatatan Sipil Sistim Jemput Bola (APEL SI JEMPOL) bertempat di Kantor Desa Leosama, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. Kegiatan pelayanan ini di buka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Belu – Maria Goreti Kiik, S.Sos.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan dalam ruangan

Apel Si Jempol merupakan inovasi yang di buat oleh Kepala Bidang Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu – Maksimus Mau Meta dalam rangka pelaksanaan proyek perubahan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat tiga angkatan XXIII Provinsi Nusa Tenggara Timur. Inovasi yang di buat ini mempermudah masyarakat untuk mengurus dokumen identitas diri karena DISDUKCAPIL langsung melakukan pelayanan di lokasi tempat tinggal masyarakat.

Gambar mungkin berisi: 3 orang

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Belu – Maria Goreti Kiik, S.Sos mengatakan masyarakat dapat memanfaatkan moment seperti ini untuk mengurus dokumen identitas diri karena selama ini kurangnya antusias masyarakat mengurus data kependudukan di Kantor Disdukcapil, dengan adanya pelayanan di tempat masyarakat dapat menghemat waktu dan anggaran.

Gambar mungkin berisi: 11 orang, orang duduk

‘’Data kependudukkan itu sangat penting di miliki, sekarang sudah ada sistim jemput bola bapa mama tidak perlu lagi ke kantor Disdukcapil, sekarang petugas langsung ke kantor desa untuk membuat dokumen yang baru, lama maupun perbaikan, ini adalah upaya untuk meringankan bapa mama mengurus identitas diri, dokumen yang telah di berikan kepada petugas ada tenggang waktu pengurusannya, nanti setelah selesai petugas yang akan mengantar kembali kepada masyrakat,’’ kata Maria.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang duduk

Kepala Bidang Pencatan Sipil – Maksimus Mau Meta mengungkapkan inovasi si apel jempol di buat untuk mempermudah pemenuhan hak identitas masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan, hal ini didasari dari pelayanan yang selama ini di lakukan pada tingkat kecamatan dan desa belum efektif dan sesuai dengan yang di harapkan sehingga di lakukan peningkatan pelayanan melalui Apel Si Jempol. Sasaran dari Apel Si Jempol adalah masyarakat yang belum memiliki data kependudukan sesuai data dari Disdukcapil yakni desa-desa yang cakupan kepemilikkan data kependudukan masih rendah.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

‘’Apel Si jempol ini merupakan program jangka pendek yang kami lakukan mulai dari beberapa desa yang menjadi lokasi tujuan kami, tetapi tidak sampai di situ saja, pada jangka menengah dan jangka panjang tentunya kami akan melakukan pelayanan si apel jempol yang menjangkau 69 Desa dan 12 Kelurahan di Kabupaten Belu’’, ucap Kabid Pencatatan Sipil.

Maria Motu Bere yang merupakan salah seorang penduduk Desa Leosama juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu dalam hal ini Disdukcapil yang sudah melakukan pelayanan pengurusan akta di Desa Leosama.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, dekat

‘’Kami bersyukur karena Disdukcapil langsung mengurus akta didesa, kami bisa menghemat biaya karena hanya dengan berjalan kaki ke kantor desa, selain itu kami juga mendapat informasi tentang persyaratan maupun cara pengurusan identisa diri yang selama ini menjadi kendala yang di hadapi untuk mengurus akta, kami minta agar pelayanan seperti ini terus dilakukan jangan hanya pada hari ini saja,’’ harap Maria.

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang duduk

Disdukcapil juga akan melakukan pelayanan Apel Si Jempol di Desa Sadi, Kecamatan Tasifeto Timur, Desa Bauho, Kecamatan Tasifoti Timur, Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak.

Berita/Foto: Ria Mauk & Jun Naibuti

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *