DINAS PARIWISATA GELAR PELATIHAN BALAWISATA

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB.BELU—Rabu (12/06), Dinas Pariwisata Kabupaten Belu menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam (BALAWISATA) Kabupaten Belu Tahun 2019, bertempat di Pantai Pasir Putih, Desa Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, pohon, luar ruangan dan alam

Pelatihan Pemandu Wisata Alam (BALAWISATA) bagi para pemandu wisata alam dan penjaga pantai serta pemilik wisata bahari yang ada di wilayah Kabupaten Belu ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para pemandu wisata dan penjaga pantai dan pemilik wisata, terkait keamanan dan kenyamanan atau kecelakaan saat berwisata di tempat-tempat pariwisata baik itu dipantai dan tempat–tempat wisata lainnya. Pelatihan Pemandu Wisata Alam (BALAWISATA) ini dibuka secara resmi oleh Perwakilan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belu yakni Kabid Penggembangan Destinasi Pariwisata Kabupaten Belu – Simplisius Vinsen Dalung, ST didampingi Kabid Sumber Daya Pariwisata Kabupaten Belu- Maria Emilinda A. Lau, S.STP dan Koordinator Tim Basarnas. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 12-14 Juni 2019.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk, pohon dan luar ruangan

Kabid Sumber Daya Pariwisata Kabupaten Belu – Maria Emilinda A. Lau, S.STP mengatakan, pelatihan hari ini merupakan pelatihan bagi para pemandu wisata alam khususnya bagi penjaga pantai, pengelola obyek wisata bahari dan obyek wisata tirta di Kabupaten Belu, dengan sasarannya yakni penggelola obyek wisata sebanyak 40 orang.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk, pohon dan luar ruangan

‘‘Dengan melibatkan pemandu wisata atau penjaga pantai dari Desa Dualaus Teluk Gurita, Afuik, Wisata Mangrove, Kolam Susuk, Sukaerlaran, Pasir Putih, Wisata Kenokar Kiik Mangrove Silawan dan Lokasi Wisata air terjun, jika dilihat pengelola obyek wisata ini kebanyakan hanya berfokus dalam penerimaan karcis saja dan tidak ada pengontrolan atau pengawasan yang dilakukan oleh pengelola untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,” Ungkapnya.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk dan luar ruangan

Materi di hari pertama pada Pelatihan Pemandu Wisata Alam (BALAWISATA) ini adalah ‘’Potensi Wisata Bahari dan Tirta di Kabupaten Belu’’ dibawakan oleh Kabid Pengembangan Destinasi Wisata dan Industri Pariwisata Kabupaten Belu-Simpisius Vinsen Dalung, ST.

Dan materi yang akan diberikan di hari kedua besok adalah ‘’Penyelamatan Di Air’’ yang akan di berikan oleh tim Basarnas dan diharapkan pelatihan ini peserta dapat melakukan pengawasan kepada pengunjung serta meminimalisir hal–hal yang tidak diinginkan.

Berita/Foto: Asih Mukti, Andi Luan & Dion Luan

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *