DINAS PMD BELU GELAR RAPAT KOORDINASI DUKUNG PID DI DAERAH PERBATASAN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa—(28/05), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) Tingkat Kabupaten Belu Tahun 2019 bertempat di Hotel Nusantara II Atambua. Rakor ini diikuti Tim Inovasi Kabupaten, para Camat, Pimpinan Bank, Pendamping Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kab. Belu serta Tim Pelaksana Inovasi Desa Tingkat Kecamatan.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk, tabel dan dalam ruangan

Rapat yang dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Belu mewakili Bupati Belu ini bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku program, pembinaan dan pengendalian seluruh tahapan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa serta mengevaluasi dan merumuskan rencana pelaksanaan program Tahun 2019 sebagai upaya untuk mewujudkan desa yang kuat, maju, mandiri dan demokratis.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Belu – Maria Goreti Kiik, SH dalam arahannya mengatakan tujuan Program Inovasi Desa yakni untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.

“Saya mengharapkan agar desa-desa memanfaatkan potensi yang ada seperti embung-embung untuk irigasi pertanian, tanaman holtikultura, dan perikanan air tawar untuk pemenuhan Gizi dan Pariwisata Desa serta hidupkan BUMDes di Desa Sebagai Lembaga ekonomi yang ada di desa untuk menghidupkan perekonomian di desa dan sarana Olahraga dimanfaatkan untuk kesehatan masyarakat,” Ungkapnya.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, dekat

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa – Januaria Nona Alo, S.Ip, mengatakan program inovasi desa ini merupakan program Kementerian Desa sebagai pendamping dari program dana desa yang sudah berjalan selama 3 tahun. Rapat koordinasi TIK dan Sosialisasi PID Tingkat Kabupaten Belu ini dilaksanakan sebagai kegiatan mengevaluasi Program Inovasi desa yang telah dilaksanakan pada Tahun 2018 lalu.

“Dengan diadakan rapat ini Tim Inovasi Kabupaten Besama Tim pelaksana Inovasi Desa kecamatan segera mempersiapkan program – program melalui ide-ide inovativ yang akan disampaikan pada kegiatan Bursa Inovasi desa. Pelaksanaan Bursa pada tahun 2019 mengalami perubahan pola yang pada tahun 2018 pelaksanaan Bursa Inovasi dilaksanakan di tingkat kabupaten sedangkan tahun ini pelaksanaanya di Kecamatan,” kata Kadis PMD.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, lensa kaca mata dan dekat

Ditempat yang sama, Camat Raihat – Raimundus Bele Bau, S.IP mengatakan Program inovasi desa di kecamatan Raihat selama ini sudah berjalan dengan baik, namun perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian lebih lanjut seperti melihat langsung bagaimana program inovasi dilaksanakan sehingga program inovasi desa di kecamatan raihat bisa berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Untuk Tahun 2018 Pemerintah Kecamatan Raihat melalui program inovasi desa telah membangun jalan ke lokasi pertanian sedangkan pada tahun 2019 akan dibangun Kolam Renang dan Kolam pancing untuk menjadi tempat wisata bagi mereka yang berkunjung ke kecamatan Raihat sehingga dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat,” kata Raimundus.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri dan dalam ruangan Gambar mungkin berisi: 14 orang, orang tersenyum, orang duduk

Rapat koordinasi yang berlangsung sehari ini menghadirkan beberapa pemateri yakni, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu – Drs. Petrus Bere dengan materi berjudul Pelaksanaan Program prioritas kementerian desa PDT dan Transmigrasi (Prudes, Embung Desa, BUMDES, Raga Desa ) di Kabupaten Belu dan Kepala Bidang Pengembangan Potensi Desa Dinas PMD Provinsi Nusa Tenggara Timur – Frans Sape dengan materi Evaluasi Pelaksanaan PID tahun anggaran 2019 dan keberlanjutan PID Tahun anggaran 2019.

Foto/Berita: Anna Ukat & Sipri Luma

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *