WABUP BELU TUTUP FESTIVAL KONTES TERNAK SAPI DAN PAMERAN PRODUK TERNAK TINGKAT KABUPATEN BELU TAHUN 2019

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Rabu (29/05),Wakil Bupati Belu-Drs. .J. T. Ose Luan menutup secara resmi kegiatan Festival Kontes Ternak Sapi dan Pameran Produk Ternak Tingkat Kabupaten Belu Tahun 2019, bertempat di Sukaerlaran, Desa Kenebibi Kecamatan Kakuluk Mesak.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri dan luar ruangan

Kegiatan Festival Kontes Ternak Sapi dan Pameran Produk Ternak Tingkat Kabupaten Belu Tahun 2019 ini bertujuan untuk menampilkan ternak sapi unggul dan untuk menarik perhatian peternak akan pentingnya perbaikan produksi dan produktivitas ternak serta meningkatkan investasi di bidang peternakan dan untuk melestarikan budaya lokal dalam mendukung pariwisata daerah. Dengan sasarannya seluruh kelompok tani ternak, masyarakat umum khususnya pemilik ternak sapi. Pada festival kontes ternak sapi ini ada 6 kategori ternak yang dilombakan diantaranya – sapi bali jantan bibit,- sapi bali betina bibit,- sapi bali betina induk,- sapi bali pejantan,- sapi bali penggemukan dan sapi cross/silang penggemukkan.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang berdiri dan orang duduk

Wakil Bupati Belu –Drs. J. T. Ose Luan mengatakan kegiatan festival kontes ternak yang dilakukan setiap tahun untuk memberikan motivasi bagi petani ternak supaya mereka dapat mengembangkan ternak, melalui sistem ikat dan diberikan pendampingan serta memberikan efek kesadaran kepada peternak agar mereka terus berusaha dan berupaya menjadi satu sumber penghasilan yang luar biasa, karena banyak orang yang membiayai kehidupan anak sekolah dengan ternak.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan

Wakil Bupati juga menambahkan selain itu juga mendongkrak kehidupan serta meningkatkan perekonomian masyarakat. Budaya ternak di Belu bukan sesuatu yang baru, hanya sistem berternak secara baik, itu yang harus di perkenalkan di masyarakat, dengan konteks ini kita memberikan pengalaman kepada masyarakat, seperti melalui IB merupakan sesuatu yang baik dan baru untuk diperkenalkan kepada masyarakat. Wakil Bupati juga menegaskan agar perekonomian masyarakat meningkat, sektor peternakan menjadi prioritas, agar menjadi produk unggulan daerah kita.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, kacamata gelap, pohon dan luar ruangan

Pada kesempatan yang sama kepala Dinas Peternakan Kabupaten Belu – Drs. Nikolaus Umbu M. Biri, MM mengungkapkan pelaksanaan kontes ternak sapi yang diselenggarakan ini merupakan bagian dari keberlanjutan untuk pengembangan peternakan di kabupaten Belu salah satunya dengan mempromosikan produk peternakan di Kabupaten Belu.

Kadis Peternakan juga mengungkapkan event kontes ternak sapi ini sudah masuk dalam Calendar Of Event dari Kabupaten Belu dan sudah menjadi bagian dari festival yang dilaksanakan setiap tahunnya di Kabupaten Belu. Selain itu juga untuk mendorong masayarakat agar terus mengembangkan ternak dan sebagai salah satu gudang ternak untuk penghasil sapi potong untuk daerah lain. Mulai dari kepemimpinan bupati belu sudah memberikan satu kebijakan bahwa populasi ternak di Kabupaten Belu harus meningkat salah satunya yakni melalui Inseminasi Buatan (IB) dan ini sangat didukung oleh Bupati dan tahun ini akan diberikan insentif bagi peternak yang telah mengembangkan sapi melalui IB.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang berdiri dan orang duduk Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk dan luar ruangan

Hadir pada acara penutupan festival kontes ini yakni, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Pejabat dari Kejaksaan Negeri Atambua, perwakilan dari Dinas Peternakan Provinsi NTT, para pimpinan OPD, para camat dan Kepala Desa sekabupaten belu.
Usai penutupan kegiatan Festival Kontes Ternak Sapi dan Pameran Produk Ternak Tingkat Kabupaten Belu Tahun 2019 diumumkan hasil lomba dan pemberian hadiah kepada pemenang kontes ternak sapi.

Berita /Foto: Asih Mukti & Hengky Mao

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *