TINGKATKAN SDM DINAS KOMINFO BELU GELAR PELATIHAN JURNALISTIK

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (28/05), Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan membuka Pelatihan Jurnalistik Televisi dan Sosialisasi Kode Etik Jurnalis bagi seluruh staf Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belu, di aula Kantor Diskominfo Kab. Belu.

Gambar mungkin berisi: 4 orang

Kegiatan yang mengambil judul “Optimalisasi Pemanfaatan Media Elektronik TV Belu milik Pemerintah Kabupaten Belu” ini dalam rangka pelaksanaan proyek perubahan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III angkatan XXIII Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2019 yang diprakasai oleh Sekertaris Diskominfo Kab. Belu, Hironimus Mau Luma, S.Pd, MM. Yang juga adalah salah satu peserta diklat PIM III.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk

Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan mengatakan pelatihan jurnalistik televisi dan sosialisasi kode etik jurnalis yang dilakukan ini sebagai salah upaya untuk membentuk orang menjadi yang terbaik dan berkemampuan lebih. Lebih lanjut, Ose Luan menambahkan Bahwa Belu TV kembali dijadikan sebagai poin proyek perubahan dan inovasi yang berhubungan dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia khusus jurnalis media Pemerintah.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum, duduk

“ Peningkatan skill para Jurnalis khusus media pemerintah ini merupakan suatu pemikiran kedepan agar kita lebih baik lagi, selalu eksis dan lebih terhormat supaya Belu TV yang karena regulasi kembali berpeluang untuk menjadi Unit Pelaksana Teknis daerah (UPTD), “ tutur Wakil Bupati Belu saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik Televisi dan Sosialisasi Kode Etik Jurnalis pada selasa, (29/05).

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang duduk, tabel dan dalam ruangan

Dikatakan Wabup Belu, sebagai aparatur yang berkecimpung di dunia kewartawanan yang berhubungan dengan mencari informasi, merekam, mengedit dan menyebarluaskan informasi baik melalui media massa ataupun media sosial, semuanya itu merupakan pekerjaan terhormat yang harus secara terus – menerus dibekali supaya memahami dan mengetahui posisi sebagai jurnalis media pemerintah.

“ Selain membentuk orang memiliki kemampuan lebih, latihan ini juga membuat anda semua menjadi orang yang tahu memposisikan diri untuk melaksanakan pekerjaan kewartawanan dan penyiaran,” tegasnya.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, kamera

Sebelum itu, Kadis Kominfo Kabupaten Belu, Johanes A. Prihatin, SE, M.Si yang turut mendampingi wakil Bupati Belu dalam Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Televisi dan Sosialisasi Kode Etik Jurnalis menyampaikan bahwa konteks kegiatan pelatihan ini dalam rangka pelaksanaan rancangan proyek perubahan sebagai salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh peserta PIM III agar bisa lulus dalam penugasan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Belu.

“Sebagai atasan langsung dan juga mentor, saya mengajak seluruh komponen di lingkup Diskominfo Belu untuk mendukung penuh dan sekaligus memberikan masukan – masukan yang diperlukan demi penyempurnaan proyek perubahan nantinya,” kata kadis.

Kegiatan ini juga dilakukan karena tupoksi dari Dinas kominfo kab. Belu adalah sebagai lembaga yang menyajikan dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, oleh karena itu harus dibenahi semua aspek yang berkaitan dengan TV Belu terutama SDM sehingga dalam penyajian berita lebih berkualitas dan akurat bagi masyarakat,” ujar kadis.

Kadis juga menambahkan pelatihan ini juga menjadi salah satu bagian dari penataan organisasi TV Belu sebelum dibentuk menjadi UPTD Dinas Kominfo, agar kedepannya melalui rancangan proyek perubahan ini mampu memberikan yang terbaik kepada publik.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang duduk, tabel dan dalam ruangan

Diakhir kegiatan, peserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III, Hironimus Mau Luma, S.Pd, MM yang juga sebagai penyelengara kegiatan ini mengutarakan topik yang didalami dari Proyek perubahan diklat PIM III tentang Optimalisasi Pemanfaatan Media elektronik TV Belu milik Pemerintah Kabupaten Belu ini sebagai upaya peningkatan kapasitas SDM di lembaga Belu TV sehingga kedepannya keberadaan Belu TV mampu menghasilkan informasi – informasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk

Tampil sebagai pemateri dalam pelatihan jurnalistik televisi dan sosialisasi kode etik jurnalis dalam rangka proyek perubahan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III angkatan 13 Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2019 tersebut Kontributor Kompas TV Belu/ Malaka/ TTU, Lius Sikone dengan materi tentang teknik peliputan dan penulisan naskah berita Televisi, Kontributor MNC Grup Belu/Malaka, Stefanus Dile Payong yang membawakan materi tentang praktek lapangan dalam sesi peliputan teknik pengambilan gambar, dan Sekertaris Dinas Kominfo Belu, Hironimus Mau Luma, S.Pd, MM yang juga sebagai peserta PIM III dengan materi sosialisasi kode etik jurnalistik dan peraturan Perundang undangan tentang Pers.

Foto/Berita : Norci Man, Rio Bele Bau & Kransen Fontes

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *