KPU BELU: TAHAPAN PENETAPAN CALEG TERPILIH DILAKUKAN SETELAH PENYELESAIAN GUGATAN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Senin (27/05), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu mengatakan berbagai proses tahapan pleno rekapitulasi dan perhitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2019 dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan bahkan Nasional telah dilakukan secara berjenjang. Oleh karena itu, dijadwalkan pleno penetapan caleg terpilih DPRD Kabupaten Belu dan Perolehan kursi bakal dilaksanakan setelah penyelesaian gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Untuk kepastiannya KPU Belu masih menunggu surat edaran dari KPU RI. Demikian disampaikan Juru Bicara KPU Belu, Herlince Emiliana Asa, saat dikonfirmasi tim peliputan Dinas Kominfo Belu.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum, duduk, tabel dan dalam ruangan

“Penetapan Caleg terpilih Kabupaten Belu belum bisa dilakukan, karena memang kami masih menunggu tahapan selanjutnya setelah penyelesaian gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Juru Bicara KPU Belu – Herlince Emiliana Asa.
Menurut Juru Bicara KPU Belu, berbagai tahapan sudah dilakukan dan saat ini terdapat gugatan, maka itu akan menunggu sampai penyelesaian keputusan Mahkamah Konstitusi, baru kemudian kita bisa menetapkan caleg terpilih dan perolehan kursi.

“Jadi, pada intinya karena gugatan di tingkat MK bukan lagi mengenai proses tetapi tentang gugatan hasil, karenanya kita akan menunggu perkembanagan terbaru selanjutnya dari pihak KPU RI,” demikian kata Herlince.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan kacamata gelap

Selanjutnya Ketua Bawaslu Kabupaten Belu – Andreas Pareira, S.Fil menjelaskan sesuai dengan tahapan Pemilu, setelah penetapan hasil di tingkat Nasional pada taggal 22 Mei, maka tahapan normalnya jika tidak ada gugatan maka pada tanggal 25 Mei yang lalu dilakukan penetapan calon terpilih. Tetapi karena adanya gugatan di MK, maka registrasinya akan dilakukan pada tanggal 11 Juni mendatang dan keputusan calon Presiden dan Wacapres baru akan ditetapkan paling lambat pada tanggal 28 Juni mendatang sedangkan untuk Caleg terpilih akan dilakukan setelah putusan calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Jadi ada dua tahapan yang kita lakukan dalam penetapan yakni penetapan hasil dan penetapan calon. Karena itu, penetapan calon baru bisa dilakukan setelah selesainya sidang perkara di MK. Paling lambat sekitar akhir Juli baru dilakukan penetapan calon legislatif,” tutur Ketua Bawaslu Kabupaten Belu, saat ditemui di Ruang Kerjanya pada 25/5/2019.

Foto/Berita : Norci Man & Bene Luan

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *