DINAS KOPERASI TINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN UKM

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU-Selasa (21/05), Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Belu bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melakukan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula teknologi tepat guna Dinas PMD Kabuapten Belu ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, kepada masyarakat khususnya pelaku usaha agar dapat mengelolah komoditi perikanan menjadi suatu produk olahan pangan yang bernilai ekonomi, sehingga dapat memberikan nilai tambahan bagi komoditi perikanan dan masyarakat sebagai pelaku usaha.

Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Belu – Drs. Hasan Mukin dalam mengatakan kegiatan ini dilakukan bagi Usaha Kecil Menengah dan lebih fokus dengan pengelolan ikan bandeng.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

“Pengelolaan ikan bandeng pada dasarnya tidak semata-mata di konsumsi hanya dengan menggoreng dan dibakar, tetapi bisa diolah lebih lanjut menjadi dendeng, kerupuk dan nugget, hal ini tentunya bisa menambah nilai ekonomis bagi para ibu. Kegiatan pelatihan ini akan tetap berlangsung dilakukan tetapi tidak hanya ikan bandeng saja melainkan ada juga daun kelor. Saya berharap setelah mengikuti pelatihan ini dapat ada perubahan inovasi serta bisa mendapat penghasilan sendiri,” ungkap Kadis Koperasi Kabupaten Belu.

Kegiatan pelatihan yang dihadiri oleh 30 peserta dari berbagai macam Usaha Kecil Menegah ini fokus pada pengelolaan ikan bandeng menjadi abon ikan bandeng, kerupuk ikan bandeng, kiri kiri ikan bandeng dan nugget ikan bandeng.

Gambar mungkin berisi: 4 orang Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang tersenyum, orang duduk dan anak

Salah satu peserta pelatihan, Katarina Rija mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada Dinas Koperasi dan UKM dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang sudah memprogramkan kegiatan ini sehingga memberikan kami kesempatan mengikuti pelatihan dan satu harapan dari kami sebagai peserta ketika kembali kami dapat mengolah ikan bandeng menjadi abon teristimewah bagi kami Usaha Kecil Menengah sehingga dapat memenuhi kebutuhan dalam keluarga.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Hadir juga pada kesempatan kegiatan pelatihan ini para nara sumber yakni Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Enny E. Didoek Giri, S.Sos dengan judul materi kewirausahaan, Kabid Pembangunan Kawasan Pedesaan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Ir. Elok Wahyu Hidayat dengan judul materi praktek pengelola ikan bandeng, Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Drs. Balthasar Bouk dengan materi Kebijakan Pengembangan Koperasi dan UKM, dan Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Drs. Maria A. Soi dengan judul materi Teknik Penyusunan Proposal bagi UKM.

Foto/Berita: Auxiladora & Jhon Dasilva

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *