DISPUSIP BELU GELAR LOMBA CERITERA RAKYAT TINGKAT SD SE–KABUPATEN BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Senin(14/05), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP ) Kabupaten Belu menggelar lomba ceritera rakyat bagi siswa – siswi Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibdaiyah (MI) Se – Kabupaten Belu Tahun 2019, dengan tema “ Menumbuhkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Serta Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.’’ Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang duduk, tabel dan dalam ruangan

Dalam kegiatan tesebut, para siswa – siswi membawakan ceritera budaya daerah (Budaya Lokal) yang berasal dari kabupaten Belu dengan judul “ Suri ikun dan Bui ikun.” Ceritera Rakyat itu sendiri mengandung nilai Kepahlawanan, Legenda, dan berisikan pendidikan karakter.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Asisten Administrasi Umum Setda Belu., Fransiskus Xaverius Asten, S.Sos mengatakan lomba ceritera rakyat se – Kabupaten Belu Tahun 2019 dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca bagi pelajar SD dan MI guna melestarikan budaya lokal serta membangun rasa menghargai dan menghormati perbedaan suku, budaya dan tutur bahasa dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Gambar mungkin berisi: 15 orang, orang duduk

“ Kegiatan ini digelar untuk memilih siswa – siswi SD dan MI terbaik tingkat kabupaten Belu dalam mendongeng atau membawakan isi buku ceritera budaya daerah yang telah dipublikasikan atau dipentaskan siswa – siswi. Nantinya siswa – siswi ini akan mengikuti lomba ceritera rakyat di tingkat Provinsi dan Nasional,’’ Ungkapnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belu, Drs. Ludofikus Manu menjelaskan, kegiatan lomba ini dimaksudkan selain menumbuhkembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai bacaan dan media juga untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa serta menumbuhkembangkan kecintaan anak – anak akan budaya Nusantara.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum

“ Keberhasilan kegiatan ini tentunya tidak lepas dari dukungan dan kerja sama berbagai pihak terkait, terutama instansi yang menangani langsung kegiatan ini. Kami berharap, para siswa – siswi dapat memanfaatkan moment ini dengan baik, sehingga dapat memberi dampak positif bagi guru, orangtu dan anak didik,” Harap Kadis.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri dan anak

Sementara itu, salah satu peserta lomba Tiara Dominika Sore dari SDK St. Angela Atambua menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Tiara mengakui, dirinya merasa bangga karena baru pertama kali mengikuti kegiatan ini. Dirinya berharap, kegiatan – kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan di tahun – tahun mendatang.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri dan anak

Untuk diketahui, pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan uang tunai dengan perincian, juara l sebesar Rp. 2.000.000 rupiah, Juara ll sebesar Rp. 1. 500.000 ribu rupiah, juara ll sebesar Rp.1.250.000 ribu, juara lV sebesar Rp.1.000.000 rupiah, juara V sebesar Rp. 750.000 ribu rupiah dan juara Vl sebesar Rp. 500.000 ribu rupiah.

Foto/Berita: Frans Leki & Hengki Mao

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *