WABUP BELU BUKA RAT TAHUN BUKU 2018 KOPERASI KREDIT SE-NTT

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (09/05), Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) ke – 30 Tahun Buku 2018 dengan tema “ Menuju NTT Sejahtera Berbasis Koperasi”, bertempat di Hotel Matahari Atambua.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk, keramaian, tabel dan dalam ruangan

Rat diikuti 28 Koperasi Kredit (KOPDIT) yang tersebar di 9 Kota/Kabupaten, yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, (TTS), Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Kabupaten Belu, Kabupaten Alor, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, dan Kabupaten Malaka.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan Nakertrans NTT, Dra. Sisilia Sona, Pengurus Puskopdit Bekatigade Timor, para guru dan siswa – siswi se – Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk, orang berdiri, tabel dan dalam ruangan

Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan mengatakan kegiatan RAT yang diselenggarakan oleh Puskopdit Bekatigade tentunya berdasarkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga ( ART ). Selain itu RAT ini dibangun berdasarkan kebersamaan dan kekeluargaan . Karena itu, Wabup meminta kepada seluruh pengurus PUSKOPDIT terus berusaha dan terus berupaya dalam memenets dan mengolah organisasi perkoperasian sehingga kedepan bisa menghasilkan koperasi yang mandiri.

“ Ada 3 sehat yang ada dalam organisasi koperasi yakni sehat organisasi, sehat mental dan sehat orang. Ketiga jenis sehat ini, harus ada dalam Lembaga Koperasi sehingga kedepan NTT menjadi daerah berbasis koperasi. “ tegas Wabup yang juga Ketua KSU Korpri ini.

Terkait dengan beberapa koperasi yang ada di organisasi perangkat daerah, wabup menjelaskan koperasi yang ada berjalan lancar walaupun dalam perjalanannya ada beberapa orang pengurus yang sudah berpindah ke Kabupaten Malaka.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang tersenyum, orang duduk, tabel dan dalam ruangan

Kepala Dinas Koperasi dan Nakertrans NTT, Dra, Sisilia Sona mengatakan, koperasi merupakan sebuah wadah yang dibentuk sebagai upaya bersama dalam mewujudkan kesejahteraan. Sejalan dengan apa yang telah dilakukan pemerintah adalah bagaimana berkolaborasi bersama koperasi guna mencari solusi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat NTT. Kadis menambahkan, kebijakan yang dilakukan dalam mewujudkan tingkat kesejahteraan masyarakat NTT adalah penguatan kelembagaan koperasi. Kadis berharap, ke depan Lembaga koperasi semakin kuat, mandiri sehingga kesejahteraan rakyat menjadi bagian yang akan dicapai melalui koperasi.

“ Ada sekitar empat ribu koperasi yang tersebar di NTT, akan tetapi yang mengikiti Rat kali ini ada seribu lebih. Ini adalah tantangan bagaimana pemerintah melakukan evaluasi sekaligus konsolidasi guna perbaikan – perbaikan kea rah perubahan,” Ungkap Kadis yang juga Mantan Kesbangpol ini.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Sementara itu, Ketua PUSKOPDIT Bekatigade Timor, Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc mengatakan kegiatan RAT Koperasi Kredit se-NTT ini dilakukan sebagai wujud komitmen PUSKOPDIT agar masyarakat sebagai ujung tombak koperasi bisa mengembangkan ekoniminya melalui simpan secara teratur, pinjam dengan bijaksana dan kembalikan tepat waktu. Apabila ini dikembangkan secara baik, maka tingkat ekonimi masyarakat berbasis koperasi semakin meningkat yang berdampak pada kesejahteraan anggota secara khusus dan masyarakat pada umumnya.
Untuk diketahui, jumlah anggota perorangan dari 28 Kopdit adalah 145.080 orang. Total asset Rp. 1.255 Triliun. Jumlah pinjaman Rp. 1.046 Triliun. Jumlah simpanan ekuitas Rp. 520 Miliar. Simpana non ekuitas Rp. 514 miliar. Jumlah pendapatan Rp. 97 miliar. Jumlah beban Rp. 84 miliar dan sisa hasil usaha ( SHU ) Rp. 12 miliar.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Usai RAT dilakukan pemberian cendramata dan penyerahan piala dan uang kepada pemenang lomba cerdas cermat tingkat sekolah menengah atas (SMA) se- Kabupaten Belu.

Foto/Berita: Frans Leki / Wilson Charles

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *