WABUP BELU PIMPIN RAPAT PERSIAPAN PERDAMAIAN PSHT DAN KERA SAKTI

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB.BELU –Selasa (08/05), Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan memimpin rapat persiapan pelaksanaan perdamaian dan sumpah adat antar organisasi bela diri PSHT dan Kera Sakti Kabupaten Belu. Rapat ini dihadiri Kapolres Belu AKBP Christian Tobing, Dandim 1605 Belu Letkol Infanteri Ari Nugroho, Camat, Lurah, Ketua PSHT, Ketua Kera Sakti Kabupaten Belu dan Tokoh Adat.

Wakil Bupati Belu Drs. J.T. Ose Luan mengatakan Rapat Persiapan ini untuk mencari solusi dan jalan keluar yang baik agar meredam apa yang telah terjadi antara kedua organisasi ini. Rencananya sumpah adat ini untuk mengikat secara adat, nilai-nilai budaya dan tradisi yang ditinggalkan oleh leluhur yang memiliki kekuatan untuk mengikat tali persaudaraan antar seluruh masyarakat Kabupaten Belu terutama anggota organisasi bela diri PSHT dan Kera Sakti.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, dekat

Wakil Bupati Belu mengharapkan kepada pimpinan organisasi PSHT dan Kera Sakti untuk mendekati, membina dan menghimbau kepada semua anggota agar menghadiri dan mengikuti acara sumpah tersebut, sehingga permasalahan yang terjadi tidak merambat ke permasalahan lain.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Ketua organisasi bela diri Kera Sakti Paul Vareira mengatakan kami diundang mengikuti rapat persiapan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan pemerintah setempat termasuk penegak hukum dan keamanan dari TNI dan POLRI. Kami bersedia berdamai dan bergandengan tangan untuk menciptakan dan menjaga keamanan dan ketertiban serta mensukseskan pemerintah Kabupaten Belu dan membela negara sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ketua organisasi bela diri PSHT Ruben Dasilva Tavares mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu yang telah bersedia memfasilitasi kedua perguruan ini untuk melaksanakan perdamaian.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk

“Kami seluruh anggota PSHT siap melaksakan kesepakatan bersama untuk melakukan perdamaian adat dengan organisasi bela diri Kera Sakti untuk perdamaian sehingga kabupaten Belu menjadi Aman, Damai dan Tentram,” Ujarnya.

Direncanakan acara Perdamaian akan dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2019 mendatang yang akan berlangsung di Lapangan Umum Atambua.

Foto/Berita: Anna Ukat & Cransen Fontes

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *