DINAS KOMINFO BELU GELAR PELATIHAN JURNALIS UNTUK ADMIN DESA

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Senin, (06/05) Dinas Komunikasi dan informatika (KOMINFO) Kabupaten Belu melalui Bidang Infrastruktur dan Teknologi menggelar pelatihan dasar-dasar jurnalistik dan dasar pengelolaan wabsite kepada pengelola website desa.

Kegiatan di buka secara resmi Kepala Dinas KOMINFO Kabupaten Belu Johanes Andes Prihatin, Se, M.Si didampingi Kepala Bidang Infrastruktur dan Teknologi Dinas Kominfo Belu Djitro DJ. Muskanan, S.Sos. Pelatihan dasar-dasar jurnalistik dan dasar pengelolaan wabsite ini mengusung Tema Fasilitasi Peningkatan Pemanfaatan Jaringan Internet dan Website Tahun 2019, yang bertujuan memberikan pemahaman kepada Admin Desa untuk mengelola website secara sederhana dengan menghadirkan pemateri Richi Anyan dari komunitas Pena Batas.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Kepala Dinas KOMINFO Kabupaten Belu Johanes Andes Prihatin, Se, M.Si mengatakan hari ini Dinas Kominfo memberikan pelatihan dasar jurnalistik dan dasar pengelolaan website kepada Admin yang ditunjuk oleh Kepala Desa untuk mengelola website Desa. Harapan kami, setelah selesai mengikuti pelatihan, masing-masing peserta dari desa mampu mengelola websitenya dengan baik sehingga data-data potensi desa tersebut dapat ditampilkan melalui website masing-masing dan isi website tersebut diantaranya memuat berita yang ditulis oleh admin terkait dengan penyelengaraan dan tata kelola di Desa. Website Desa merupakan sarana yang paling memadai untuk memperluas informasi tata kelola di desa dengan cakupan yang sangat luas. Website juga merupakan sarana dan media untuk mempromosikan semua kondisi yang ada di Desa.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

’’Sudah sekitar 23 Desa dari 69 desa sudah memiliki website desa, ditargetkan tahun 2020 sampai 2021 minimal 50% dari 69 desa di Kabupaten Belu sudah harus memiliki website yang aktif. Bagi desa yang belum memilik website kita senantiasa mendorong mereka untuk segera memanfaatkan website yang telah disiapkan Dinas KOMINFO dengan dukungan administrasinya telah dikoordinasikan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa agar pembiayaan untuk pengelolaan dan honor Admin di desa dapat ditanggulangi dari APBDES,’’ Kata Kadis Kominfo.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, layar dan dalam ruangan

Selain itu, Richi Anyan Narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan pelatihan jurnalistik yang diberikan kepada Aparatur Desa hari ini guna mengembangkan website desa di masing-masing wilayah dengan tujuan agar mereka dapat mengetahui bagaimana cara mempromosikan desanya ke semua orang. Yang menarik dalam pelatihan ini yakni bagaimana kita membina karakteristik pemerintah desa untuk mengembangkan diri dan mengembangkan desa tersebut agar dunia luar bisa tahu. Maka, Web desa sangat penting ketika ada hal-hal yang perlu kita sampaikan ke dunia luar atau ada situasi-situasi yang sangat situasional yang perlu kita sampaikan ke dunia luar agar dunia luar tahu sekaligus menjadi promosi desa secara gratis di Web desa yang kita punya.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang tersenyum, orang duduk dan dalam ruangan

Peserta pelatihan jurnalis tersebut terdiri dari, Admin Desa Leun Tolu, Admin Desa Leosama, Admin Desa Dulaus, Admin Desa Dualasi Raiikun, Admin Desa Lakanmau, Perwakilan Kecamatan Lasiolat, Admin Desa Aitoun, Admin Desa Tulakadi, Admin Desa Asumanu, Admin Desa Tohe Leten, Admin Desa Umaklaran, Admin Desa Mandeu Raimanuk, Admin Desa Dualasi, Admin Desa Faturika, dan Admin Desa Maumutin.

Foto/Berita: Isha Tae & Jho Dasilva

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *