MENJELANG HARI “H“ KPU BELU FOKUS SIAPKAN LOGISTIK

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB.BELU – Jumat (12/04), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belu sejak Selasa (09/04/2019) mulai melakukan pengemasan surat suara (logistik) Pemilihan Umum Tahun 2019 per kecamatan kedalam kotak suara, di Gudang Logistik KPUD Belu Kelurahan Tulamalae, Kecamatan Atambua Barat.

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang tersenyum, orang duduk dan dalam ruangan

Anggota komisioner KPUD Kab. Belu yang membidangi Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Yoni Arianto Neolaka, S.Sos mengatakan bahwa menjelang Pemilu serentak Tahun 2019, pihak KPU sementara fokus pada pengepakan logistik TPS Pemilu, terhitung sejak hari Selasa (09/04/2019) lalu. Dari tiga hari lalu pengepakan logistik, sampai dengan H-5 Pemilu serentak, sudah enam (6) kecamatan yang berhasil diselesaikan kelengkapan pemungutan dan perhitungan surat suara, yaitu kecamatan – kecamatan yang dianggap jauh dari perkotaan.

Keterangan foto tidak tersedia.

Adapun 5 kecamatan yang menjadi prioritas, yakni Kecamatan Lamaknen Selatan, Lamaknen, Raihat, Raimanuk dan Kecamatan Nanaet Duabesi.

“Pengepakan logistik ini kami utamakan untuk kecamatan – kecamatan yang jauh karena dalam perencanaan akan kami distribusikan pada H-2, sehingga pihak PPK tidak ada kendala untuk mendistribusikan ke TPS – TPS yang jauh, kalau untuk kecamatan terdekat akan kita distribusikan pada H-1 atau pada tanggal 16 April 2019, karena pendistribusian logistik dari Kabupaten hanya sampai kepada PPK dan selanjutnya pihak PPK yang akan menyalurkan ke TPS,”tutur Yoni Arianto, saat ditemui di Gudang Logistik KPUD Belu.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum, berdiri

Lebih lanjut Arianto menjelaskan di Kabupaten Belu jumlah TPS yang tersebar di 12 Kecamatan sebanyak 623 TPS dengan jumlah total surat suara secara keseluruhan sebanyak 685.500 lembar surat suara, termasuk cadangan 2%, yang terdiri dari lima jenis surat suara, perjenis surat suara sejumlah 137.100 lembar surat suara.

“Jadi, 137.100 lembar surat suara ini kita kalikan dengan 5 jenis kertas suara maka hasilnya sebanyak 685.500 lembar surat suara untuk pemilu serentak kali ini,” pungkasnya.

Kaitannya dengan penyortiran surat suara, menurut Anggota Komisioner, Yoni Arianto bahwa sudah dilakukan sejak 3 minggu lalu. Dan dalam tahap sortir dan pelipatan terdapat surat suara yang rusak / cacat atau tidak bisa digunakan sudah ditindak lanjuti untuk pencetakan ulang surat suara. Berdasarkan informasi yang diperoleh, surat suara yang telah dicetak ulang akan tiba di Kabupaten Belu pada tanggal 13 April tahun 2019.
“Kami berharap semua persiapan jelang Pemilu 2019 berjalan dengan baik dan lancar, tanpa ada hambatan apapun dan kepada masyarakat Kabupaten Belu secara aktif datang ke TPS untuk mengunakan Hak Pilih sesuai Hati Nuraninya pada Pemilu 17 April Tahun 2019,”tutup Arianto diakhir wawancaranya.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan dalam ruangan Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang tersenyum, orang duduk dan dalam ruangan

Dari 623 TPS yang tersebar di 12 Kecamatan, dapat dirincikan TPS per kecamatan sebagai berikut : Kecamatan Kota Atambua terdapat 4 Kelurahan, 75 TPS, Kecamatan Tasifeto Barat 8 Desa, 73 TPS, Kecamatan Tasifeto Timur 12 Desa 72 TPS, Kecamatan Atambua Barat 4 kelurahan 65 TPS, Kecamatan Atambua Selatan 4 Kelurahan 63 TPS, Kecamatan KakulukMesak 6 Desa, 62 TPS, Kecamatan Raimanuk 9 Desa 55 TPS, Kecamatan Raihat 6 Desa, 48 TPS, Kecamatan Lamaknen 9 Desa, 39 TPS, Kecamatan Lasiolat 7 Desa, 26 TPS, Kecamatan Lamaknen Selatan 8 Desa, 27 TPS dan Kecamatan Nanaetduabesi, 4 Desa, 18 TPS.

Sesuai ketentuan Logistik yang telah selesai di kemas dan dikepak akan didistribusikan ke semua kecamatan paling lambat satu hari sebelum pemilihan atau pemungutan suara.

Foto/Berita: Norci Man & Erwin Dacosta

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *