UJIAN SEKOLAH BERSTANDART NASIONAL (USBN) PENENTU KELULUSAN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Senin, (09/04) 274 Siswa kelas tiga SMA Katolik Surya Atambua dan 398 Siswa Sma Negeri 1 Atambua mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019. Pantauan Tim Kominfo pelaksanaan UNBK selama 4 hari dari tanggal 1 hingga 8 April 2019 dan  UNBK di dua sekolah yang terletak di daerah Perbatasan Negara Indonesia dan Timor Leste ini berlangsung aman dan lancar.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Atambua, Drs. Marianus Antoni mengatakan siswa yang tahun ini mengikuti UNBK adalah angkatan pertama kurikulum 2013 dan sudah melalui seluruh proses UNBK sesuai ketentuan pos UNBK dan seluruh siswa yang mengikuti hingga hari terahkir tetap tidak berkurang.

‘’ Untuk menghadapi UNBK, para siswa diberi simulasi dua tahapan serta gladi bersih sebagai bentuk persiapan agar para siswa peserta UNBK selain memiliki ketenangan batin juga siap menggunakan peralatan ujian,” ujar Kepsek Marianus Antoni.

Sementara itu, Kepala SMAK Surya Rm. Drs. Benyamin Seran,Pr.M.A mengungkapkan bahwa, sekolahnya telah menyelenggarakan Ujian Akhir Berbasis Komputer di SMAK sejak tiga tahun lalu.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

‘’Penggunaan komputer di SMAK Surya bukanlah hal baru bagi siswanya karena mereka sudah membiasakan diri menggunakan komputer. Namun soal berjalan tidaknya UNBK tergantung pada peralatan, kesiapan anak, jaringan listrik dan yang lebih penting jaringan internet, karna semua data dilakukan melalui komputerisasi,’’ papar Romo Benyamin.

Lebih lanjut kepsek SMAK Surya Atambua menjelaskan, UNBK tidak menentukan kelulusan tetapi untuk melakukkan pemetaan yang menjadi salah satu kriteria bagi seorang siswa untuk bisa di terima masuk perguruan tinggi ataupun institusi pemerintah.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang tersenyum, orang duduk, layar dan dalam ruangan Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk, layar, kantor, tabel dan dalam ruangan

Penentuan lulus atau tidak tergantung pada Ujian Sekolah Berstandart Nasional (USBN), kelulusan peserta ujian ditentukan oleh satuan pendidikan atau sekolah masing-masing. Sedangkan untuk melamar masuk perguruan tinggi tertentu akan menjadi salah satu penentu dengan melihat perbandingan nilai UNBK dan nilai USBN.

Mata pelajaran yang di uji pada UNBK ini adalah bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris dan teori kejuruan bagi Sekolah Menengah Atas Kejuruan dan satuan mata ujian pilihan bagi Sekolah Menengah Atas (Umum).

Foto/Berita: Ischa Tae & Jhon Dasilva

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *