Mengelola Batas Negara adalah Bagian dari Dedikasi Kepada Negara

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (05/04), Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP, Drs. Robert Simbolon, M.AP melakukan tatap muka bersama seluruh stakeholder di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, yang terletak di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Perbatasan RI-RDTL. Dalam tatap muka ini membahas upaya peningkatan efektivitas pengelolaan PLBN Motaain.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP, Drs. Robert Simbolon mengatakan, tatap muka ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas kinerja Pengelolaan Perbatasan Negara.

“Mengelola batas Negara adalah bagian dari dedikasi kita kepada Negara. Karena itu, kita yang sudah terpilih untuk mengurus batas negara, gunakanlah metode bekerja sambil belajar untuk mengelola batas Negara,” tutur Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Menurut Robert, membangun Indonesia dari pinggiran merupakan prioritas Presiden Jokowi yang tercantum dalam nawacita ketiga, membangun dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan kehadiran Pos lintas Batas Negara (PLBN) di Motaain ini semakin jelas arah pembangunan di wilayah perbatasan dan menjadi bukti nyata pembangunan di daerah pinggiran,” ungkapnya.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Lebih lanjut, Deputi mengatakan sejak Tahun 2015 pemerintah telah membangun tujuh PLBN yang telah beroperasi, yakni PLBN Aruk, PLBN Entikong, dan PLBN Nanga Badau, ketiganya terletak di Kalimantan Barat, PLBN Motamasin, PLBN Wini dan PLBN Motaain (NTT), serta PLBN Skouw di Papua. Disebut Robert, selanjutnya untuk Tahun 2019, di NTT akan ada pembangunan dua PLBN lagi tepatnya PLBN Oepoli di Kabupaten Kupang Provinsi NTT dan PLBN Napan di Kabupaten TTU.

Selain Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP, Drs. Robert Simbolon, M.AP, hadir juga Wakil Bupati Belu, Asdep Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP, Perwakilan BNPP Provinsi NTT, Kepala Pengelola Perbatasan kabupaten Belu, serta jajaran unsur Forkopimda Plus, Camat Tasifeto Timur, Kepala Desa Silawan.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih

Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose luan merasa bangga dan bersyukur dengan kehadiran PLBN motaain, bahwa Pemerintah Pusat telah membangun dari pinggiran, dengan mewujudkan pemerataan pembangunan di setiap daerah. Wabup menambahkan, jika ingin Negara Indonesia cantik, harus percantik dari batas Negara, karena perbatasan merupakan wajah NKRI.

Gambar mungkin berisi: 11 orang, orang tersenyum, orang duduk dan dalam ruangan

Karena itu, perbatasan sebagai halaman depan bangsa, Wabup mengharapkan para pengelola perbatasan, harus berperan dengan baik dan betul–betul memahami arah kebijakan pemerintah dalam mengurus batas Negara usai tatap muka, dilakukan penyerahan cendera mata dari Wakil Bupati Belu kepada Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP.

Foto/Berita: Norci Man & Cransen Fontes

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *