PERCEPATAN EKONOMI MELALUI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB.BELU—Selasa (02/04), Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Belu Tahun 2019 yang berlangsung di Gedung Wanita Betelalenok Atambua ini mengangkat Tema Pembangunan Tahun 2020 ‘’Percepatan Ekonomi Melalui Pembangunan Infrastruktur Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia.’’

Gambar mungkin berisi: 2 orang

‘’Untuk Kabupaten Belu pada tahun 2020, per- bidang pembangunan dan rancangan RKPD ini disusun mulai dari Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan yang di laksanakan mulai dtanggal 28 Pebuari sampai dengan tanggal 12 Maret 2019 dan Forum Perangkat Daerah pada tanggal 18 Maret sampai dengan tanggal 27 Maret 2019. Setelah dilakukan Musrenbang ditingkat Desa/Kelurahan serta di Kecamatan, selanjutnya dilakukan diskusi bersama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menampung semua aspirasi berdasarkan hasil reses Anggota DPRD,’’ ucap Kepala BP4D saat acara Musrenbang RKPD berlangsung pada hari Selasa(02/04).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Belu, Frans Manafe, S.Pi mengatakan, ‘’ Untuk menjawab seluruh kebutuhan masyarakat dalam musrenbang ini, ada banyak anggaran yang dipangkas dan ada pula yang di naikan untuk semua OPD, agar bisa menjawab kebutuhan dari masyarakat’’.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan berdiri

Selanjutnya Kepala BP4D juga menjelaskan adanya skala prioritas sesuai dengan rancangan RKPD Kabupaten Belu Tahun 2020 yang mana meliputi 3 skala bidang yakni, yang pertama Bidang Ekonomi dengan jumlah program sebanyak 73 program, dengan jumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2020 sebanyak 326 kegiatan, dengan pagu indikatif 65.360 milyar rupiah, yang kedua Bidang Infrastruktur dengan jumlah program sebanyak 42 program, dengan jumlah kegiatan sebanyak 147 kegiatan, dengan pagu indikatif 124.504 milyar rupiah dan yang ketiga Bidang Sosial Budaya dengan jumlah program 251 program, jumlah kegiatan sebanyak 1.213 kegiatan dengan pagu indikatif 358.629 milyar rupiah. Total jumlah program tahun 2020 sebanyak 336 program, jumlah kegiatan 1686 kegiatan dan total pagu anggaran indikatif 548.123 milyar rupiah.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang duduk

Dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Belu Tahun 2019 tersebut, juga dibacakan hasil Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Belu, yang mana telah dirumuskan menjadi 3 kesepakatan yaitu, Pertama sasaran dan prioritas pembangunan daerah serta rencana program dan kegiatan yang disertai indikator dan target kinerja dan kebutuhan pendanaan dalam rancangan RKPD Kabupaten Belu tahun 2020, yang Kedua Program dan kegiatan yang belum diakomodir dalam rancangan RKPD Kabupaten Belu tahun 2020, yang Ketiga Rumusan yang tercantum dalam lampiran yang merupakan dalam bagian yang tidak terpisahkan dari hasil kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Belu Tahun 2020 dan ini dijadikan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Belu Tahun 2020.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk

Usai Musrenbang RKPD ini, juga dilakukan Penandatanganan Berita Acara oleh Ketua DPRD Kabupaten Belu, Perwakilan OPD, Perwakilan Camat, dan Perwakilan dari Tokoh Masyarakat. Dan yang melakukan Penandatanganan berita acara tersebut adalah Perwakilan Musrenbang RKPD Kabupaten Belu yakni Januaria Awalde Berek, Jabatan Ketua DPRD Kabupaten Belu, Frans Manafe, S.Pi, Jabatan Kepala BP4D Kabupaten Belu, Drs. Laurentius E. Nahak, M.Si, Jabatan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Belu, Wendelinus Meak Mali, Jabatan Camat Lamaknen Selatan, Gaspar Kleden perwakilan dari Kelurahan Bardao, Windu Rin Malae, Jabatan Kepala Desa Sarabau, Salomon Mau Luan, perwakilan dari Kecamatan Atambua Selatan.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Berita Acara tersebut disahkan Oleh Bupati Belu dan Wakil Bupati Belu, dan selanjutnya berita acara ini diserahkan secara langsung Kepala BP4D Kabupaten Belu kepada Bupati Belu.

Foto/Berita: Asih Mukti & Erwin Dacosta

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *