SINERGISITAS KOMINFO NTT: UPAYA MENDONGKRAK INDEKS PENGGUNAAN TEKNOLOGI TINGKAT NASIONAL

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU — Selasa (12/03), Asisten Tata Pemerintahan Setda Provinsi NTT Drs. Jamaludin Achmad MM, mewakili Gubernur Prov. NTT didampingi anggota Komisi I DPR RI Dr. Drs Andreas Hugo Parera dan Anggota Komisi Informasi Publik Pusat Romanus Ndau, S.Fil, M.Si, membuka Rapat Koordinasi Bidang Komunikasi dan Informatika Tingkat Provinsi NTT bertempat di Hotel El Bajo, Labuan Bajo, Kab. Manggarai Barat.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Dalam sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Asisten Tata Pemerintahan Setda Provinsi NTT saat acara pembukaan, antara lain menyampaikan bahwa pembangunan di bidang Komunikasi dan Informatika yang terus mengalami perkembangan cukup pesat, seiring dengan tuntutan agar pelayanan Pemerintahan kepada masyarakat yang berbasis elektronik sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, kedepan kiranya akan semakin efektif, cepat, mudah dan murah. Selain itu dengan adanya kebutuhan Keterbukaan Informasi Publik sesuai Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan melalui kebijakan, tata kelola dan layanan penyelenggaraan Pemerintahan yang dilaksanakan dalam rapat koordinasi ini diharapkan agar nantinya dapat terbangun koordinasi dan komunikasi untuk mewujudkan sinkronisasi program kegiatan Komunikasi dan Informatika Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk, tabel dan dalam ruangan

“Dengan adanya sinergisitas dan percepatan Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) diharapkan agar pada akhirnya dapat mendongkrak Indeks Penggunaan Teknologi secara Nasional di NTT pada Tahun 2020 mendatang,” papar Asisten Jamaludin yang baru dilantik pada tanggal 15 Februari 2019 yang lalu.

Sebagaimana diketahui bahwa Pemerintah NTT secara Nasional saat ini menempati urutan terendah ke 33 dari 34 Provinsi di Indonesia terkait Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan berbasis elektronik.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang duduk  Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Rapat koordinasi ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 11 s/d 13 Maret 2019 di El Hotel, Labuhan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, mengambil tema Sinergisitas Percepatan Pengembangan dan Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Keterbukaan Informasi Publik. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika se-Provinsi NTT atau pejabat yang mewakili serta utusan Direktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kominfo RI Ali Marfah. Hadir dalam rapat koordinasi ini, mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu, Kepala Bidang Infrastruktur dan Teknologi, Djitro D. Muskanan, S.Sos dan Kasie. Infratruktur dan Teknologi Firdaus, SE. Dalam acara pembukaan disuguhkan tarian penyambutan tamu secara adat dan tradisi “mamah siri pinang.”
Berita/Foto: Firdaus ir Piliang

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *