MUSRENBANG 2019: PERCEPATAN PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN SDM

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (01/03), Pemerintah Kabupaten Belu melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) secara resmi melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Belu Tahun 2019. Musrenbang ini dilaksanakan secara bergiliran di setiap kecamatan mulai tanggal 28 Februari 2019 sampai dengan 12 Maret 2019 merupakan bagian dari perencanaan partisipatif sebagaimana amanat UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang duduk

Hasil Musrenbang Tingkat Kecamatan akan dibawa ke forum Musrenbang Tingkat Kabupaten yang nantinya akan menghasilkan dukumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk, tabel dan dalam ruangan

Kepala BP4D Kab. Belu Fransiskus Manafe, S.Pi yang ditemui saat mengikuti Musrenbang Tingkat Kecamatan Nanaet Dubesi pada Jumat (01/03) di Kantor Camat Nanaet Dubesi, Teteseban, mengatakan bahwa dengan memperhatikan tema RKPD Tahun 2019 ini yaitu “Percepatan Pertumbuhan Ekonomi melalui Pembangunan Infrastruktur dan Pembangunan Sumber Daya Manusia,” maka Pemerintah membuat 5 Agenda sasaran pembangunan yaitu, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan perkembangan pariwisata, percepatan pembangunan infrastruktur berbasis tata ruang dan lingkungan hidup, serta peningkatan kinerja birokrasi.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang duduk, tabel dan dalam ruangan

“Pemerintah mengharapkan bahwa Murenbang RKPD tingkat Kecamatan benar-benar akan menghasilkan program kegiatan sesuai kebutuhan masyarakat di kecamatan masing-masing. Kehadiran Pimpinan OPD dan Pimpinan DPRD maupun alat kelengkapan DPRD diharapkan menjadikan forum ini berkualitas dan menjadi forum partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan.”

Selain Kecamatan Nanaet Dubesi, pada hari ini, Jumat (01/03) juga dilaksanakan Musrenbang di Kecamatan Kakukuk Mesak.

Berita/Foto: Devi Yunita dan Okto Mali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *