MENGATASI SAMPAH DENGAN EDUKASI

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—SELASA (26/02), Pemerintah Kabupaten Belu terus berupaya untuk mengatasi permasalahan sampah di seputaran Kota Atambua salah satunya yakni memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, rumah, pohon dan luar ruangan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dra.Yohaneta Mesak, MM mengatakan terkait dengan program pengembangan kinerja pengelolaan persampahan secara bertahap Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan pengelolaan sampah.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang berdiri dan luar ruangan

‘’Untuk mengelolah sampah yang harus disiapkan adalah sarana dan prasarana serta fasilitas untuk mendukung kebersihan pengelolaan sampah dan penyediaan Sumber Daya Manusia, dalam hal ini adalah tenaga kebersihan yang tugasnya mengangkut sampah. Disamping tugas mereka yakni mengangkut sampah, mereka juga dapat memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat yang pola pikirnya masih sangat minim tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar,” kata Kadis Dinas Lingkungan Hidup.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang berdiri, anak dan luar ruangan

Lanjut Kadis Lingkungan Hidup, berdasarkan Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan sampah, bagaimana kita dapat merubah perilaku masyarakat untuk memandang sampah sebagai sesuatu yang bermanfaat atau bernilai ekonomis.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri, pohon dan luar ruangan

‘’Memandang sampah, dengan cara membuang kesaluran, atau dengan cara membakar, tetapi bagaimana melakukan proses pemilahan yang di mulai dari sumber sampah misalnya dipasar, TPA, Bank Sampah yang merujuk pada Pepres No. 97 Tahun 2007 Kebijakkan Strategis Nasional tentang Pengelolaan Sampah, yaitu target pengurangan sampah 30%, target penanganan sampah 70% dengan demikian melalui upaya pengurangan sampah dengan teknologi 3R (Reuse, Reduce, Recycle) yang diintegrasikan didalam kegiatan Bank Sampah Aikamelin, jadi kita harus rubah pola pikir kita terhadap sampah,’’ jelas Kadis Dinas Lingkungan Hidup.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang berdiri, anak, makanan dan luar ruangan

Kadis Lingkungan Hidup juga menambahkan, bahwa Tenaga Satgas kebersihan, di samping melaksanakan tugasnya untuk mengangkut sampah, namun secara sederhana juga memberikan edukasi kepada masyarakat serta mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Foto/Berita: Rio Bele Bau & Ichy Klau

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *