TUPOKSI

  1. RUMUSAN TUGAS :

 

MEMIMPIN, MENGENDALIKAN DAN MENGKOORDINASIKAN PERUMUSAN  KEBIJAKAN TEKNIS PEMBANGUNAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA YANG MELIPUTI KEGIATAN SEKRETARIAT, KEGIATAN BIDANG  LAYANAN INFORMASI PUBLIK, BIDANG INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI, BIDANG HUBUNGAN MEDIA DAN SUMBER DAYA, SERTA KEGIATAN BIDANG PERSANDIAN DAN STATISTIK, DEMI  TERWUJUDNYA LAYANAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA YANG BERKUALITAS.

 

 

  1. URAIAN TUGAS:
  2.  mengkoordinasikan   penyusunan  rencana strategis dinas komunikasi dan informatika berdasarkan rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten dan kebijakan pimpinan daerah serta masukan dari komponan masyarakat demi terwujudnya layanan komunikasi dan informatika yang berkualitas;
  3. merumuskan dan menetapkan pencapaian standar operasional prosedur di bidang komunikasi dan informatika yang merupakan urusan pilihan daerah secara tepat pada penetapan kinerja dinas;
  4. merumuskan kebijakan, standar, norma, kriteria pembinaan, prosedur kerja dan petunjuk teknis pelaksanaankegiatan pada sekretariat dinas komunikasi dan informatika dan bidang yang meliputi bidang  layanan informasi publik, bidang penyelenggaraan e-goverment, dan bidang hubungan media dan sumber daya, serta bidang persandian dan statistik, guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. merumuskan dan menetapkanlaporan keterangan pertanggungjawaban, laporan penyelenggaraan pemerintah daerah, laporan kinerja instansi pemerintah, laporan kinerja keuangan dan laporan kinerja lainnya sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk digunakan sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan kinerja;
  6. mengkoordinasikan program dan kegiatan dinas dengan instansi dan pihak terkait baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten agar sinkron dalam pelaksanaanya dan terjalinnya hubungan kerja sama yang baik;
  7. memberikan pembinaan di bidang komunikasi dan informatika dan bidang yang meliputi bidang  layanan informasi publik, bidang infrastruktur dan teknologi, bidang hubungan media dan sumber daya, serta bidang persandian dan statistik, guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  8. kebijakan di bidang pengelolaan opini publik, informasi publik dan media komunikasi publik, untuk mendukung kebijakan pemerintah kabupaten;
  9. rumuskan kebijakan di bidang pengelolaan infrastruktur dan teknologi, pengembangan aplikasi, dan keamanan informasi e-goverment, untuk mendukung kebijakan pemerintah kabupaten;
  10. rumuskan kebijakan di bidang hubungan media dan sumber daya dan tata kelola e-goverment, untuk mendukung kebijakan pemerintah kabupaten;
  11. rumuskan kebijakan di bidang persandian dan statistik, untuk mendukung kebijakan pemerintah kabupaten;
  12. merumuskan, melaksanakan dan mengembangkan kerjasama/ MOU di bidang TIK baik secara internal maupun eksternal untuk meningkatkan akses layanan informasi dan komunikasi di wilayah Kabupaten Belu;
  13. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian di bidang pengolahan opini dan aspirasi publik, untuk meningkatkan kinerja dinas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya;
  14. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik di dalam maupumluar daerah sesuai petunjuk atasanuntuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  15. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta maupun tidak diminta dalam rangka pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah dalam penyelenggaraan pemerintahan;
  16. menyampaikan laporan bulanan, triwulan dan tahunan serta hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya berdasarkan sumber data dan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan; dan
  17.  melaksanakan tugas kedinasanlain yang diberikan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsi untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.