PERSANDIAN & STATISTIK


URAIAN TUGAS JABATAN


1. NAMA JABATAN : KEPALA BIDANG PERSANDIAN DAN STATISTIK


2. TIPE ORGANISASI : B


3. ESELON : III B


4. UNIT KERJA : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU


5. RUMUSAN TUGAS :


MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG PERSANDIAN DAN STATISTIK MELIPUTI KEGIATAN SEKSI PERSANDIAN DAN KEGIATAN SEKSI STATISTIK, SERTA KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN BIDANG YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.


6. URAIAN TUGAS :



  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi persandian dan kegiatan seksi statistik berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;

  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;

  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;

  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;

  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan umum dan teknis di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi persandian dan kegiatan seksi statistik sesuai ketentuan yang berlaku, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;

  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi persandian dan kegiatan seksi statistik, untuk digunakan sebagai pedoman kerja, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;

  7. melaksanakan analisis kebutuhan fasilitas dalam melaksanakan kebijakan kegiatan di bidang persandian dan statistic, untuk melancarkan pelaksanaan tugas;

  8. melaksanakan penyusunan standar operasional prosedur di bidang persandian dan statistik, untuk digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;

  9. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi persandian dan kegiatan seksi statistik, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;

  10. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi persandian dan kegiatan seksi statistik, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sumber daya manusia pengelola kegiatan persandian dan statistik;

  11. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang persandian dan statistik, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;

  12. melaksanakan koordinasi kegiatan kebijakan di bidang persandian dalam pengawasan media komunikasi milik pemerintah kabupaten seperti stasiun/jaringan radio termasuk radio dua meteran, stasiun/jaringan televisi, telepon, faxcimile, dan alat komunikasi lainya, untuk meningkatkan kualitas hubungan media dan layanan komunikasi pemerintah daerah yang handal;

  13. melaksanakan koordinasi kegiatan pengawasan atas jumlah dan jenis alat perlengkapan wajib milik pemerintah kabupaten, seperti brankas, filling kabinet, lemari besi, gedung/kantor, meubelair dan alat perlengkapan kantor lainnya seperti kendaraan dinas, rumah dinas/jabatan, gedung pertemuan, agar terjaminnya ketersediaan alat perlengkapan kantor dan alat perlengkapan kantor lainnya dalam menunjang kelancaran pelaksanaan tugas pemerintah kabupaten;

  14. melaksanakan koordinasi kegiatan pengawasan hubungan komunikasi internal melalui frekuensi radio dalam lingkup pemerintah kabupaten, untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi frekuensi radio dalam komunikasi internal;

  15. melaksanakan koordinasi kegiatan pengawasan hubungan komunikasi eksternal melalui frekuensi radio antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah tingkat atas, untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi frekuensi radio dalam komunikasi eksternal;

  16. melaksanakan koordinasi kegiatan pengawasan atas penyimpanan dan pemeliharaan materi/informasi persandiandan personil, untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

  17. melaksanakan pengiriman atau penerimaan berita dengan pesawat telex atau mesin sandi, untuk kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan;

  18. mencari, mengumpulkan, menghimpun serta mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan persandian, agar tersedianya layanan data dan informasi persandian yang komprehensif;

  19. melaksanakan inventarisasi dan analisis berbagai permasalahan yang berkaitan dengan persandian;

  20. melaksanakan pencatatan/agenda berita-berita/radiogram yang dikirim dan/atau diterima oleh pemerintah kabupaten, untuk digunakan sebagai dokumen pemerintah kabupaten;

  21. merencanakan kegiatan urusan data dan statistik yang meliputi data perencanaan pembangunan daerah dan urusan statistik, untuk penyusunan laporan dan perencanaan;

  22. menyiapkan bahan dan melaksanakan rencana strategis dan rencana kerja seksi statistik, dalam rangka mendukung kelancaran tugas;

  23. menyiapkan bahan-bahan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah tahunan dan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah akhir masa jabatan bupati, urusan perencanaan pembangunan kabupaten, untuk digunakan sebagai bahan penyusunan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah tahunan dan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah akhir masa jabatan bupati;

  24. menyiapkan bahan-bahan urusan data dan statistik sebagai bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban tahunan dan laporan keterangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan bupati, untuk digunakan sebagai bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban tahunan dan laporan keterangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan bupati;

  25. menyiapkan bahan laporan akuntabilitas kinerja seksi statistik sebagai pertanggungjawaban pada pimpinan, untuk digunakan sebagai bahan penilaian kinerja seksi;

  26. menyiapkan bahan koordinasi penyusunan perencanaan pembangunan daerah melalui perumusan data statistik, untuk mendukung kelancaran tugas;

  27. melaksanakan penyusunan dan pengembangan data indikator makro pembangunan kabupaten, untuk dijadikan sebagai bahan analisis dalam kebijakan makro pembangunan kabupaten;

  28. melaksanakan pengelolaan data dan informasi pembangunan daerah kabupaten, agar tersediannya layanan data statistic dalam pengembangan pembangunan yang komprehensif;

  29. melaksanakan penyiapan bahan pemberi dukungan penyelenggaraan statistik dasar dan survey antar sensus skala kabupaten, untuk kelancaran kegiatan statistik dasar dan survey antar sensus skala kabupaten;

  30. melaksanakan koordinasi kegiatan statistik sektoral skala kabupaten pada semua satuan kerja perangkat daerah, untuk meningkatkan kualitas data statistik satuan kerja perangkat daerah;

  31. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

  32. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;

  33. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;

  34. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan

  35. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.



URAIAN TUGAS JABATAN


NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PERSANDIAN


TIPE ORGANISASI : B


ESELON : IV A


UNIT KERJA : BIDANG PERSANDIAN DAN STATISTIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU


RUMUSAN TUGAS :


MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG PERSANDIAN DAN STATISTIK MELALUI KEGIATAN SEKSI PERSANDIAN DAN KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.


URAIAN TUGAS :



  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi persandian berdasarkan rencana kerja bidang dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;

  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;

  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;

  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;

  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan umum dan teknis di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi persandian sesuai ketentuan yang berlaku, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;

  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria (nspk) di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi persandian, untuk digunakan sebagai pedoman kerja, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;

  7. melaksanakan analisis kebutuhan fasilitas dalam melaksanakan kebijakan kegiatan di bidang persandian, untuk melancarkan pelaksanaan tugas;

  8. melaksanakan penyusunan standar operasional prosedur di bidang persandian, untuk digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;

  9. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi persandian, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;

  10. melaksanakan bimbingan teknis, dan supervise, dan pembinaan di bidang persandian melalui kegiatan peningkatan pengetahuan dan keterampilan para pengguna radio amatir maupun rick di daerah, untuk pemanfaatan frekwensi udara yang terarah ;

  11. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang persandian, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;

  12. melaksanakan koordinasi kegiatan kebijakan di bidang persandian dalam pengawasan media komunikasi milik pemerintah kabupaten seperti stasiun/jaringan radio termasuk radio dua meteran, stasiun/jaringan televisi, telepon, faxcimile, dan alat komunikasi lainya, untuk meningkatkan kualitas hubungan media dan layanan komunikasi pemerintah daerah yang handal;

  13. melaksanakan koordinasi kegiatan pengawasan atas jumlah dan jenis alat perlengkapan wajib milik pemerintah kabupaten, seperti brankas, filling kabinet, lemari besi, gedung/kantor, mebelair dan alat perlengkapan kantor lainnya seperti kendaraan dinas, rumah dinas/jabatan, gedung pertemuan, agar terjaminnya ketersediaan alat perlengkapan kantor dan alat perlengkapan kantor lainnya dalam menunjang kelancaran pelaksanaan tugas pemerintah kabupaten;

  14. melaksanakan koordinasi kegiatan pengawasan hubungan komunikasi internal melalui frekuensi radio dalam lingkup pemerintah kabupaten, untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi frekuensi radio dalam komunikasi internal;

  15. melaksanakan koordinasi kegiatan pengawasan hubungan komunikasi eksternal melalui frekuensi radio antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah tingkat atas, untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi frekuensi radio dalam komunikasi eksternal;

  16. melaksanakan koordinasi kegiatan pengawasan atas penyimpanan dan pemeliharaan materi/informasi persandian dan personil, untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

  17. melaksanakan pengiriman atau penerimaan berita dengan pesawat telex atau mesin sandi, untuk kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan;

  18. mencari, mengumpulkan, menghimpun serta mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan persandian, agar tersedianya layanan data dan informasi persandian yang komprehensif;

  19. melaksanakan inventarisasi dan analisis berbagai permasalahan yang berkaitan dengan persandian;

  20. melaksanakan pencatatan/agenda berita-berita/radiogram yang dikirim dan/atau diterima oleh pemerintah kabupaten, untuk digunakan sebagai dokumen pemerintah kabupaten;

  21. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

  22. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;

  23. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;

  24. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan

  25. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.



URAIAN TUGAS JABATAN


NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI STATISTIK


TIPE ORGANISASI : B


ESELON : IV A


UNIT KERJA : BIDANG PERSANDIAN DAN STATISTIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU


RUMUSAN TUGAS :


MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG PERSANDIAN DAN STATISTIK MELIPUTI KEGIATAN SEKSI STATISTIK DAN KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI, SERTA PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.


URAIAN TUGAS :



  1. Merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi statistik berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;

  2. Membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;

  3. Mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;

  4. Menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;

  5. Melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan umum dan teknis di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi statistic sesuai ketentuan yang berlaku, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;

  6. Melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi statistik, untuk digunakan sebagai pedoman kerja, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;

  7. Melaksanakan analisis kebutuhan fasilitas dalam melaksanakan kebijakan kegiatan di bidang statistik, untuk melancarkan pelaksanaan tugas;

  8. Melaksanakan penyusunan standar operasional prosedur di bidang statistik, untuk digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;

  9. Melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi statistik, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;

  10. Melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang persandian dan statistik melalui kegiatan seksi statistik, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sumber daya manusia pengelola kegiatan persandian dan statistik;

  11. Melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang statistik, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;

  12. Merencanakan kegiatan urusan data dan statistik yang meliputi data perencanaan pembangunan daerah dan urusan statistik, untuk penyusunan laporan dan perencanaan;

  13. Menyiapkan bahan dan melaksanakan rencana strategis dan rencana kerja seksi statistic, dalam rangka mendukung kelancaran tugas;

  14. Menyiapkan bahan-bahan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah tahunan dan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah akhir masa jabatan bupati, urusan perencanaan pembangunan kabupaten, untuk digunakan sebagai bahan penyusunan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah tahunan dan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah akhir masa jabatan bupati;

  15. Menyiapkan bahan-bahan urusan data dan statistik sebagai bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban tahunan dan laporan keterangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan bupati, untuk digunakan sebagai bahan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban tahunan dan laporan keterangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan bupati;

  16. Menyiapkan bahan laporan akuntabilitas kinerja seksi statistik sebagai pertanggungjawaban pada pimpinan, untuk digunakan sebagai bahan penilaian kinerja seksi;

  17. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan perencanaan pembangunan daerah melalui perumusan data statistik, untuk mendukung kelancaran tugas;

  18. Melaksanakan penyusunan dan pengembangan data indikator makro pembangunan kabupaten, untuk dijadikan sebagai bahan analisis dalam kebijakan makro pembangunan kabupaten;

  19. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi pembangunan daerah Kabupaten, agar tersediannya layanan data statistik dalam pengembangan pembangunan yang komprehensif;

  20. Melaksanakan penyiapan bahan pemberi dukungan penyelenggaraan statistik dasar dan survey antar sensus skala kabupaten, untuk kelancaran kegiatan statistik dasar dan survey antar sensus skala kabupaten;

  21. Melaksanakan koordinasi kegiatan statistik sektoral skala kabupaten pada semua satuan kerja perangkat daerah, untuk meningkatkan kualitas data statistik satuan kerja perangkat daerah;

  22. Mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

  23. Melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah /unit Kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;

  24. Memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;

  25. Menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan

  26. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.