LAYANAN INFORMASI PUBLIK

[otw_shortcode_tabslayout tabs=”4″ title=”Bidang ” tab_1_title=”LAYANAN INFORMASI PUBLIK” tab_1_content=”

URAIAN TUGAS JABATAN

NAMA JABATAN : KEPALA BIDANG LAYANAN INFORMASI PUBLIK

TIPE ORGANISASI : B

ESELON : III B

UNIT KERJA : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU

RUMUSAN TUGAS :

MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG LAYANAN INFORMASI PUBLIK MELIPUTI KEGIATAN SEKSI PENGELOLAAN OPINI PUBLIK, SEKSI PENILAIAN DAN PELAYANAN PENGADUAN. SERTA KEGIATAN SEKSI PENGOLAHAN DATA DAN KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN BIDANG YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.

URAIAN TUGAS :

  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang layanan informasi publik, dalam kegiatan seksi pengelolaan opini publik, seksi pengelolaan dan pelayanan informasi publik, serta kegiatan seksi pengelolaan media komunikasi publik berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;
  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang layanan informasi publik, dalam kegiatan seksi pengelolaan opini publik, seksi pengelolaan dan pelayanan informasi publik, serta kegiatan seksi pengelolaan media komunikasi publik, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;
  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang layanan informasi publik dalam kegiatan seksi pengelolaan opini publik, seksi pengelolaan dan pelayanan informasi publik, serta kegiatan seksi pengelolaan media komunikasi publik, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;
  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di bidang layanan informasi publik, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervise yang komprehensif;
  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang layanan informasi publik, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola layanan informasi publik;
  9. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang layanan informasi publik, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;
  10. menyelenggarakan layanan perencanaan komunikasi publik dan citra positif pemerintah daerah, untuk meningkatkan akses masyarakat pada pemerintah daerah melalui komunikasi publik;
  11. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  12. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja pemerintah daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dalam kegiatan pengelolaan opini publik, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;
  13. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas pengelolaan opini publik, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;
  14. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  15. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.

” tab_2_title=”SEKSI PENGELOLAAN OPINI PUBLIK” tab_2_content=”

URAIAN TUGAS JABATAN

NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PENGELOLAAN OPINI PUBLIK

TIPE ORGANISASI : B

ESELON : IV A

UNIT KERJA : BIDANG PENGELOLAAN DAN LAYANAN DAN INFORMASI PUBLIK, DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU

RUMUSAN TUGAS :

MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG LAYANAN INFORMASI PUBLIK MELALUI KEGIATAN SEKSI PENGELOLAAN OPINI PUBLIK, SERTA KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.

URAIAN TUGAS :

  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang layanan informasi publik, dalam kegiatan seksi pengelolaan opini publik, berdasarkan rencana kerja bidang dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;
  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang layanan informasi publik, dalam kegiatan seksi pengelolaan opini publik, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas seksi yang berbasis kinerja;
  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria dalam kegiatan seksi pengelolaan opini publik, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;
  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di seksi pengelolaan opini publik, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;
  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di seksi pengelolaan opini publik, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola opini publik;
  9. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di seksi terkait fungsi pengelolaan opini dan aspirasi publik dilingkup pemerintah daerah kabupaten, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;
  10. menyelenggarakan layanan monitoring isu publik di media (media massa dan media sosial), pengumpulan pendapat umum (survey, jajak pendapat), dialog maupun saresehan, serta menerima dan mengolah usul saran dari masyarakat terkait penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pemasyarakatan untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menghadapi dan memecahkan setiap persoalan di masyarakat;
  11. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  12. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja pemerintah daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dalam kegiatan pengelolaan opini publik, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;
  13. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas pengelolaan opini publik, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;
  14. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  15. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.

” tab_3_title=”SEKSI PENGELOLAAN DAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK” tab_3_content=”

URAIAN TUGAS JABATAN

NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PENGELOLAAN DAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

TIPE ORGANISASI : B

ESELON : IV A

UNIT KERJA : BIDANG PENGELOLAAN DAN LAYANAN DAN INFORMASI PUBLIK, DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU

RUMUSAN TUGAS :

MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG LAYANAN INFORMASI PUBLIK MELALUI KEGIATAN SEKSI PENGELOLAAN DAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK, SERTA KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.

URAIAN TUGAS :

  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang pelayanan informasi publik, berdasarkan rencana kerja bidang dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;
  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang layanan informasi publik, dalam kegiatan seksi pengelolaan opini publik, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas seksi yang berbasis kinerja;
  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria dalam kegiatan seksi pengelolaan dan pelayanan informasi publik, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;
  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di seksi pengelolaan dan pelayanan informasi publik, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;
  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di seksi pengelolaan informasi publik untuk mendukung kebijakan pemerintah nasional, provinsi dan kabupaten, agar meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola informasi publik;
  9. melaksanakan evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan penyelenggaraan layanan pemantauan tema komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan pemerintah daerah kabupaten, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;
  10. menyelenggarakan layanan informasi melalui pemutaran film dokumenter dan perjuangan, pertunjukan rakyat, pameran pembangunan, pameran foto, panggung gembira, expo dan festival, untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menghadapi dan memecahkan setiap persoalan di masyarakat;
  11. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  12. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja pemerintah daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dalam kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;
  13. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas pengelolaan dan pelayanan informasi publik, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;
  14. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  15. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.

” tab_4_title=”SEKSI PENGELOLAAN MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK” tab_4_content=”

URAIAN TUGAS JABATAN

NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PENGELOLAAN MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK

TIPE ORGANISASI : B

ESELON : IV A

UNIT KERJA : BIDANG PENGELOLAAN DAN LAYANAN DAN INFORMASI PUBLIK, DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU

RUMUSAN TUGAS :

MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG LAYANAN INFORMASI PUBLIK MELALUI KEGIATAN SEKSI PENGELOLAAN MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK DAN KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.

URAIAN TUGAS :

6.1.

  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang layanan informasi publik, dalam kegiatan seksi pengelolaan media komunikasi publik, berdasarkan rencana kerja bidang dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;
  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang layanan informasi publik, dalam kegiatan seksi pengelolaan media komunikasi publik, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas seksi yang berbasis kinerja;
  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria dalam kegiatan seksi pengelolaan media komunikasi publik, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;
  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di seksi pengelolaan media komunikasi publik, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;
  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di seksi pengelolaan media komunikasi publik, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola informasi publik;
  9. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di seksi pengelolaan media komunikasi publik terkait fungsi pelayanan di kabupaten, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;
  10. menyelenggarakan layanan pengelolaan informasi publik untuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan layanan pengaduan masyarakat di Kabupaten, agar terwujudnya kemudahan dalam mengakses informasi publik layanan pengaduan masyarakat di Kabupaten;
  11. menyelenggarakan pengelolaan media komunikasi publik melalui pembuatan buletin, tabloit, majalah, leaflet, spanduk, baliho, gapura, kartu ucapan, undangan dan siaran keliling di kabupaten untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menghadapi dan memecahkan setiap persoalan di masyarakat;
  12. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  13. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja pemerintah daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dalam kegiatan pengelolaan media komunikasi publik, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran seksi yang telah ditetapkan;
  14. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas pengelolaan media komunikasi publik, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;
  15. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  16. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan. “][/otw_shortcode_tabslayout]