HUBUNGAN MEDIA DAN SUMBER DAYA

[otw_shortcode_tabslayout tabs=”4″ title=”BIDANG” tab_1_title=”HUBUNGAN MEDIA DAN SUMBER DAYA” tab_1_content=”

URAIAN TUGAS JABATAN

NAMA JABATAN : KEPALA BIDANG HUBUNGAN MEDIA DAN SUMBER DAYA

TIPE ORGANISASI : B

ESELON : III B

UNIT KERJA : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU

RUMUSAN TUGAS :

MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG HUBUNGAN MEDIA DAN SUMBER DAYA MELIPUTI KEGIATAN SEKSI HUBUNGAN MEDIA, SEKSI PENGELOLAAN SUMBER DAYA DAN LAYANAN PUBLIK. SERTA KEGIATAN SEKSI TATA KELOLA ELEKTRONIK GOVERMENT DAN KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN BIDANG YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.

URAIAN TUGAS :

  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang hubungan media dan sumber daya meliputi kegiatan seksi hubungan media, seksi pengelolaan sumber daya dan layanan publik. serta kegiatan seksi tata kelola elektronik goverment berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;
  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang hubungan media dan sumber daya meliputi kegiatan seksi hubungan media, seksi pengelolaan sumber daya dan layanan publik. serta kegiatan seksi tata kelola elektronik goverment, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;
  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang hubungan media dan sumber daya meliputi kegiatan seksi hubungan media, seksi pengelolaan sumber daya dan layanan publik. serta kegiatan seksi tata kelola elektronik goverment, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;
  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di bidang hubungan media dan sumber daya, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;
  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang hubungan media dan sumber daya, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola media centre;
  9. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang hubungan media dan sumber daya, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;
  10. melaksanakan pengembangan sumber daya media elektronik di kabupaten untuk meningkatkan layanan informasi publik;
  11. melaksanakan diseminasi informasi kebijakan melalui media pemerintah daerah dan non pemerintah daerah di kabupaten, agar terwujudnya percepatan penerimaan informasi kebijakan pada masyarakat;
  12. menyelenggarakan layanan pemberdayaan dan penyediaan akses informasi bagi media serta lembaga informasi publik, untuk mempermudah akses informasi;
  13. melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang hubungan media dan sumber daya untuk mensinergikan program maupun kegiatan pemerintah daerah yang lebih terintegrasi;
  14. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang hubungan media dan sumber daya melalui hubungan kemitraan dengan media cetak maupun elektronik, baik nasional mapun daerah, yang dimiliki oleh pemerintah maupun swasta dengan memanfaatkan media centre untuk meningkatkan kualitas hubungan media dan layanan informatika di kabupaten;
  15. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan layanan sistem komunikasi intra pemerintah daerah kabupaten, bersama pers/wartawan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan bidang media;
  16. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  17. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;
  18. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;
  19. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  20. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan. ” tab_2_title=”SEKSI LAYANAN HUBUNGAN MEDIA” tab_2_content=”

URAIAN TUGAS JABATAN

NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI LAYANAN HUBUNGAN MEDIA

TIPE ORGANISASI : B

ESELON : IV A

UNIT KERJA : BIDANG HUBUNGAN MEDIA DAN SUMBER DAYA, DINAS KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI KABUPATEN BELU

RUMUSAN TUGAS :

MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG HUBUNGAN MEDIA DAN SUMBER DAYA MELALUI KEGIATAN SEKSI HUBUNGAN MEDIA DAN KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.

URAIAN TUGAS :

  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang hubungan media dan sumber daya melalui kegiatan seksi hubungan media, berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;
  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang hubungan media dan sumber daya melalui kegiatan seksi hubungan media, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;
  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria di seksi hubungan media, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;
  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di bidang hubungan media dan layanan informatika, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;
  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang hubungan media, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola layanan informasi publik;
  9. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang hubungan media, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;
  10. menyelenggarakan layanan pengembangan penyelenggaraan media center, untuk meningkatkan layanan akses informasi;
  11. melaksanakan layanan pengembangan dan inovasi teknologi informasi dan komunikasi kepada publik maupun pers, untuk meningkatkan layanan akses informasi;
  12. melaksanakan layanan peningkatan kapasitas sumber daya media elektonik baik televisi maupun radio, running text serta media multi media lainnya, untuk meningkatkan layanan akses informasi;
  13. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  14. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;
  15. . memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;
  16. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  17. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan. ” tab_3_title=”SEKSI PENGELOLAAN SUMBER DAYA DAN LAYANAN PUBLIK” tab_3_content=”

URAIAN TUGAS JABATAN

NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PENGELOLAAN SUMBER DAYA DAN LAYANAN PUBLIK

TIPE ORGANISASI : B

ESELON : IV A

UNIT KERJA : BIDANG HUBUNGAN MEDIA DAN SUMBER DAYA, DINAS KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI KABUPATEN BELU

RUMUSAN TUGAS :

MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG HUBUNGAN MEDIA DAN SUMBER DAYA MELALUI KEGIATAN SEKSI PENGELOLAAN SUMBER DAYA DAN LAYANAN PUBLIK. SERTA KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.

URAIAN TUGAS :

  1.   merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang hubungan media dan sumber daya melalui kegiatan seksi pengelolaan sumber daya dan layanan publik, berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;
  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan kegiatan seksi pengelolaan sumber daya dan layanan publik, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;
  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria di seksi pengelolaan sumber daya dan layanan publik, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;
  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengelolaan sumber daya dan layanan publik, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;
  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengelolaan sumber daya dan layanan publik, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola layanan informasi publik;
  9. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan layanan sistem komunikasi intra pemerintah daerah kabupaten, bersama pers/wartawan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan bidang media;
  10. Melaksanakan fasilitasi pengembangan, pembinaan terhadap Kelompok Komunikasi Sosial Perdesaan (Komsosdes), Warung Informasi dan Komunikasi Kelurahan (WIKK)/ Unit Pelayanan Informasi dan Komunikasi Kelurhaan (UPIK), Kelompok Informasi Masyarakat Perbatasan (KIMTAS), Lembaga Komunikasi masyarakat (LKM) untuk menjadi mitra Pemerintah dalam menyalurkan aspirasi masyarakat, pembendung dan penyaring informasi, kontrol sosial serta penyebarluasan informasi di daerah;
  11. menyelenggarakan layanan penetapan standart format data dan informasi, wali data dan kebijakan, untuk meningkatkan layanan akses data dan informasi;
  12. menyelenggarakan layanan recovery data dan informasi, untuk meningkatkan layanan akses data dan informasi;
  13. menyelenggarakan layanan data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan, agar tersedianya layanan data elektronik yang komprehensif;
  14. menyelenggarakan layanan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pemanfaatan sistem informasi pemerintahan dan sistem informasi publik, agar meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan aparatur dalam pemanfaatan sistem informasi pemerintahan dan sistem informasi publik;
  15. melaksanakan layanan interkonekvitas layanan publik dan kepemerintahan, melalui peningkatan layanan akses data dan informasi untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;
  16. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  17. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;
  18. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;
  19. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  20. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan. ” tab_4_title=”SEKSI TATA KELOLA E-GOVERNMENT” tab_4_content=”

URAIAN TUGAS JABATAN

NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI TATA KELOLA E-GOVERMENT

TIPE ORGANISASI : B

ESELON : IV A

UNIT KERJA :BIDANG HUBUNGAN MEDIA DAN LAYANAN INFORMATIKA, DINAS KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI KABUPATEN BELU

RUMUSAN TUGAS :

MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG HUBUNGAN MEDIA DAN SUMBER DAYA MELALUI KEGIATAN SEKSI TATA KELOLA E-GOVERMENT. SERTA KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.

URAIAN TUGAS :

  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang hubungan media dan sumber daya melalui kegiatan seksi tata kelola elektronik government, berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;
  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan kegiatan seksi tata kelola elektronik government, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;
  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria di seksi tata kelola elektronik government, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;
  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di bidang tata kelola elektronik government, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;
  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang tata kelola elektronik government, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola layanan informasi publik;
  9. Melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang tata kelola elektronik government, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;
  10. melaksanakan pengelolaan dan pengembangan layanan aplikasi generik spesifik dan suplemen yang terintegrasi, integrasi layanan publik dan pemerintahan, peyelenggaraan ekosistim TIK Smart City, layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, layanan manajemen data dan informasi e-goverment, untuk layanan pemerintah;
  11. . menyelenggakan goverment chief information officer (GCIO) di kabupaten;
  12. melaksanakan layanan interkoneksi jaringan intra pemerintah melalui teleconfrence, untuk memudahkan jalinan komunikasi dan koordinasi;
  13. melaksanakan layanan penyediaan sarana dan prasarana komunikasi pemerintah, untuk meningkatkan kinerja dan kualitas komunikasi pemerintah;
  14. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  15. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;
  16. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;
  17. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  18. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan. “][/otw_shortcode_tabslayout]