INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI


URAIAN TUGAS JABATAN


NAMA JABATAN : KEPALA BIDANG INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI


TIPE ORGANISASI : B


ESELON : III B


UNIT KERJA : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU


RUMUSAN TUGAS :


MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI MELIPUTI KEGIATAN SEKSI INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI, SEKSI PENGEMBANGAN APLIKASI. SERTA KEGIATAN SEKSI KEAMANANAN INFORMASI E-GOVERMENT DAN KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN BIDANG YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.


URAIAN TUGAS :



  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang infrastruktur dan teknologi meliputi kegiatan seksi infrastruktur dan teknologi, seksi pengembangan aplikasi. serta kegiatan seksi keamananan informasi elektronik goverment berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;

  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;

  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;

  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja bidang agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;

  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang infrastruktur dan teknologi meliputi kegiatan seksi infrastruktur dan teknologi, seksi pengembangan aplikasi. serta kegiatan seksi keamananan informasi elektronik goverment, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;

  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang infrastruktur dan teknologi meliputi kegiatan seksi infrastruktur dan teknologi, seksi pengembangan aplikasi. serta kegiatan seksi keamananan informasi elektronik goverment, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;

  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di bidang infrastruktur dan teknologi, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;

  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang infrastruktur dan teknologi, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola layanan informasi publik;

  9. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang infrastruktur dan teknologi terkait fungsi penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik di kabupaten, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;

  10. melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengolahan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi di kabupaten, untuk meningkatkan koordinasi lintas sektor melalui layanan informasi publik;

  11. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengolahan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi di kabupaten, untuk meningkatkan koordinasi lintas sektor melalui layanan informasi publik;

  12. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

  13. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah satuan kerja perangkat daerah)/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dalam kegiatan infrastruktur dan teknologi, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;

  14. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas infrastruktur dan teknologi, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;

  15. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan

  16. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.



URAIAN TUGAS JABATAN


NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI


TIPE ORGANISASI :B


ESELON : IV A


UNIT KERJA : BIDANG PENYELENGGARAAN E-GOVERMENT DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU


RUMUSAN TUGAS :


MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI MELALUI KEGIATAN SEKSI INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI, SERTA KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.


URAIAN TUGAS :



  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang infrastruktur dan teknologi melalui kegiatan seksi infrastruktur dan teknologi, berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;

  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;

  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;

  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja seksi agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;

  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang infrastruktur dan teknologi melalui kegiatan seksi infrastruktur dan teknologi, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;

  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria kegiatan seksi infrastruktur dan teknologi, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;

  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di seksi infrastruktur dan teknologi, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;

  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di seksi infrastruktur dan teknologi, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola infrastruktur dan teknologi;

  9. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang infrastruktur dan teknologi terkait fungsi layanan infrastruktur jaringan, data center, disaster recovery center dan teknologi informasi komunikasi pemerintah kabupaten, serta layanan pengembangangan intranet dan penggunaan akses internet, smart city, broadband, BTS/tower, rumah TIK di kabupaten, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan seksi dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;

  10. menyelenggarakan saluran komunikasi Ipphone milik pemda/media internal, untuk mengfungsikan komunikasi milik pemda/media internal dalam menyampaikan berbagai program pemerintah daerah pada semua masyarakat;

  11. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

  12. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dalam kegiatan penyelenggaraan infrastruktur dan teknologi, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;

  13. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas penyelenggaraan infrastruktur dan teknologi, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;

  14. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan

  15. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.



URAIAN TUGAS JABATAN


NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PEMBANGUNAN APLIKASI


TIPE ORGANISASI : B


ESELON : IV A


UNIT KERJA : BIDANG INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI


RUMUSAN TUGAS :


MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG PENYELENGGARAAN ELEKTRONIK GOVERMENT MELIPUTI KEGIATAN SEKSI PENGEMBANGAN APLIKASI DAN KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL


URAIAN TUGAS :



  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang penyelenggaraan elektronik goverment melalui kegiatan seksi pengembangan aplikasi, berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;

  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;

  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;

  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja seksi agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;

  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penyelenggaraan e-goverment melalui kegiatan seksi pengembangan aplikasi, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;

  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria kegiatan seksi pengembangan aplikasi, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;

  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di seksi pengembangan aplikasi, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;

  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di seksi pengembangan aplikasi, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola website belukab.go.id. dan website dinas kominfo. Kabupaten belu;

  9. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang pengembangan aplikasi terkait fungsi layanan hubungan media di kabupaten, untuk mengetahui pencapaian target kegiatan seksi dan mencari solusi dalam memecahkan masalah;

  10. menyelenggarakan pengemasan ulang konten nasional menjadi konten lokal, agar sesuai dengan budaya dalam meningkatkan kearifan lokal;

  11. menyelenggarakan layanan pengelolaan hubungan dengan media (media relations), untuk menjalin relasi yang harmonis dengan media guna saling bertukar informasi publik, terkait dengan berbagai kebijakan pemerintah kabupaten;

  12. melaksanakan penyediaan bahan komunikasi bagi pimpinan daerah melalui briefing notes, press release dan backgrounders di kabupaten, untuk membantu pimpinan daerah dalam menyampaikan kebijakannya;

  13. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

  14. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dalam kegiatan pengembangan aplikasi, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;

  15. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pengembangan aplikasi, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;

  16. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan

  17. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.



URAIAN TUGAS JABATAN


NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI KEAMANAN INFORMASI


TIPE ORGANISASI : B


ESELON : IV A


UNIT KERJA : BIDANG INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BELU


RUMUSAN TUGAS :


MEMIMPIN, MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI MELIPUTI KEGIATAN SEKSI KEAMANANAN INFORMASI DAN KEGIATAN BIMTEK, SUPERVISI, PEMANTAUAN, PELAPORAN, EVALUASI DAN PENDOKUMENTASIAN KEGIATAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN SEKSI YANG MAKSIMAL DAN HANDAL.


URAIAN TUGAS :



  1. merencanakan langkah-langkah operasional kegiatan bidang infrastruktur dan teknologi melalui kegiatan seksi keamananan informasi, berdasarkan rencana kerja dinas dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;

  2. membagi tugas dan memberi putunjuk kepada bawahan dengan memberi arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;

  3. mengoreksi hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan-kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;

  4. menyelia pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja seksi agar tercapai hasil yang efektif dan efisien;

  5. melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang infrastruktur dan teknologi melalui kegiatan seksi keamananan informasi elektronik goverment, untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bidang yang berbasis kinerja;

  6. melaksanakan penyiapan norma, standar, prosedur dan kriteria kegiatan seksi keamananan informasi e-goverment, agar pelaksanaan tugas dapat terarah;

  7. melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis dan supervisi di seksi keamananan informasi e-goverment, agar tersedianya bahan bimbingan teknis dan supervisi yang komprehensif;

  8. melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di seksi keamananan informasi e-goverment, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan aparatur pengelola aplikasi jaringan e-goverment;

  9. melaksanakan pemantauan, evaluasi, pelaporan dan pendokumentasian kegiatan di bidang keamananan informasi e-govermnet melalui kegiatan layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik spesifik dan suplemen yang terintegrasi, integrasi layanan publik dan pemerintahan, peyelenggaraan ekosistim TIK Smart City, keamanan layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, keamanan layanan manajemen data dan informasi e-goverment, penyelenggaraan goverment chief information officer (GCIO), serta pembentukan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) di kabupaten;

  10. melaksanakan layanan filtering konten negatif, untuk menjaga kualitas moral masyarakat;

  11. menyelenggarakan layanan monitoring trafik elektronik, untuk meningkatkan layanan akses data dan informasi melalui monitor trafik elektronik;

  12. menyelenggarakan layanan penanganan inseiden keamanan informasi, untuk mengeleminir terjadinya kesalahan informasi;

  13. menyelenggarakan layanan keamanan informasi pada sistem elektronik pemerintah daerah, untuk meningkatkan proteksi informasi pada sistem elektronik pemerintah daerah;

  14. melaksanakan audit teknologi informasi dan komunikasi, agar terwujudnya tata kelola teknolgi informasi dan komunikasi yang sesuai dengan ketentuan yang ada;

  15. menyelenggarakan internet sehat, kreatif, inovatif dan produktif, agar bermanfaat bagi masyarakat pengguna internet;

  16. mengikuti pertemuan dan pelatihan yang berkaitan dengan tupoksi baik didalam maupun diluar daerah sesuai petunjuk atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

  17. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah/unit kerja terkait untuk memperoleh data dan informasi sebagai masukan dan referensi dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dalam kegiatan keamananan informasi, sehingga tercapai tujuan sesuai rencana, target dan sasaran bidang yang telah ditetapkan;

  18. memberikan usul, saran dan pertimbangan kepada pimpinan dalam penentuan kebijakan yang ada hubungan dengan pelaksanaan tugas penyelenggaraan keamananan informasi, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan tugas;

  19. menyiapkan laporan bulanan, triwulan, dan tahunan, hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang dilakukan agar digunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan

  20. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk membantu pimpinan dalam memecahkan setiap persoalan kedinasan.