KORSUPGAH KPK wilayah NTT Jumpa Pers dan memperkenalkan aplikasi MCP

Senin (26/11/2018), Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Belu mengadakan jumpa pers bersama rekan-rekan wartawan bertempat di ruangan rapat Bupati Belu.

Topik dalam jumpa pers kali ini membahas tentang kegiatan monitoring yang dilakukan KPK melalui unit kerja Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK wilayah NTT.

Sebagai moderator dalam acara  jumpa pers ini adalah kepala dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin. SE. M.Si. “Kegiatan ini bertujuan untuk Mewujudkan Pelayanan Publik yang Bebas Korupsi”, ungkap Alfi Rachman Waluyo, koordinator Korsupgah KPK wilayah NTT. Beliau juga menyampaikan hal ini dalam kegiatan pendampingan pelaksanaan rencana, aksi dan supervisi kinerja pemerintah daerah berbasis aplikasi Monitoring Center of Prevention (MCP) di ruang rapat Bupati Belu. Alfi pun menjelaskan dihadapan Bupati Belu dan sejumlah pimpinan OPD bahwa tujuan di desainnya aplikasi MCP  adalah untuk menciptakan pemerintahan yang BERSIH dan TIDAK KORUPTIF. Semua kegiatan akan dipantau KPK  melalui aplikasi MCP.

MCP sendiri adalah aplikasi pencegahan korupsi yang bisa di akses oleh semua orang. Masyarakat bisa mengetahui hal-hal yang dipantau dan dinilai oleh KPK terkait penyelenggaraan pemerintah daerah hal ini bertujuan untuk memperbaiki sistem pelayanan pemerintah daerah dan tercipta sistem biroksrasi yang bersih dan bebas dari korupsi, adapun Delapan (8) Menu yang termuat di dalam aplikasi ini antara lain : Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perijinan Terpadu Satu Pintu, Dana Desa, Manajamen SDM di Pemerintah Daerah, Optimalisasi Pendapatan Daerah Kapabilitas Pengawasan Pemerintah dan Manajemen Aset Daerah.

Untuk diketahui bahwa dari data yang di input Pemerintah Kabupaten Belu, hasil monitoring KPK mendapatkan kabupaten Belu pada peringkat pertama dari seluruh kabupaten/kota di NTT dalam hal pencegahan korupsi.

Selain Bupati Belu Willybrodus Lay, SH, hadir juga dalam kegiatan ini kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu Yohanes Andes Prihatin SE. M.Si, kepala Dinas Perijinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Belu Dra. M. K. Eda Fahik. MM, kepala BKPP Kabupaten Belu Drs. Anton Suri, inspektur Inspektorat Kabupaten Belu Josetiawan Manek,S.Pt dan Kepala BPMD Kabupaten Belu,Yanuaria Nona Alo. S.IP

 

 

(Redaksi,FRB917)

(Foto & Berita : Novita Bogar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *