Koperasi Adalah Milik Bersama

Atambua, Citra Anak Belu.

Koperasi adalah milik bersama, bukan milik ketua atau kepala atau milik anggota, melainkan milik bersama. Penegasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Belu Drs. Hasan Mukin, dalam kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi Kepada  Para Pengelola Koperasi Se-Kabupaten Belu, Rabu (20/6/2017) di Aula Dinas Koperasi Kabupaten Belu.

Oleh karenanya di dalam mengambil sebuah keputusan harus dibicarakan dalam rapat agar tercapainya suatu kesepakatan bersama, karena keberhasilan dari sebuah koperasi sudah menjadi tanggung jawab bersama.

“Untuk mendapatkan sentuhan Pemerintah, sebuah koperasi harus tertib menjalankan RAT minimal 2 tahun berturut-turut. Sekarang ini jumlah koperasi di Kabupaten Belu sebanyak 148 koperasi. koperasi yang aktif sebanyak 107 dan yang lainnya masih dalam proses revitalisasi,” ujar Hasan Mukin

Sambungnya, proses untuk pembentukan sebuah koperasi baru tidaklah rumit dan tidak ada batas waktu, tergantung kelengkapan yang disiapkan oleh  pengurus koperasi itu sendiri. Sedangkan  untuk mendapatkan legalitas hukum sebuah koperasi harus  menunggu kurang lebih 1 bulan untuk mendapatkan legalitas dari kementerian.

“Peran dari dinas koperasi sendiri yakni memberikan pembinaan-pembinaan kepada koperasi-koperasi yang perlu dibina dan memberikan sosialiasi kepada koperasi-koperasi agar dapat menjalankan manajemen pengelolaan koperasi dengan sebaik-baiknya,” tambah Hasan Mukin.

Informasi yang dihimpun, kegiatan pelatihan  ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pengurus koperasi agar dapat mengelola Koperasi dengan baik dan benar, sehingga tidak terjadi kesalahan di dalam menjalankan manajemen pengelolaan koperasi. Kegiatan ini juga merupakan salah satu program kerja dari Dinas Koperasi Kabupaten Belu yang mana Dinas Koperasi merasa perlu untuk memberikan pendampingan kepada para pengurus koperasi agar para pengurus koperasi mampu menyusun laporan keungan mereka pada akhir tahun dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) dengan sebaik-baiknya. (CIABEL/NV).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *