Standar Kelulusan UN Sepenuhnya Ditentukan Sekolah

Atambua, Citra Anak Belu

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia terus mendorong pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang diselenggarakan oleh setiap satuan pendidikan atau sekolah dengan mengacu pada standar nasional yang ditetapkan.

“Ujian Nasional merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjamin mutu di satuan pendidikan. Sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan. Setiap tahun Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Standart Nasional Pendidikan menerbitkan Prosedur Operasional Standart (POS) untuk menjamin pelaksanaan Ujian Nasional yang akuntabel,” ujar  Marsianus Loe, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu, kepada CIABEL diruang kerjanya, Selasa (25/4/2017).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, dalam hal ini menyiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai pengganti Moratorium Ujian Nasional (UN) pada tahun  2017. Ujian Nasional dihentikan sementara karena di anggap tak mampu meningkatkan mutu pendidikan dan kurang mendorong kemampuan siswa secara utuh.

”Saat ini belum semua sekolah baik itu SMP maupun SMA di Kabupaten Belu melaksanakan ujian sekolah berbasis komputer. Hal ini di karenakan berbagai macam pertimbangan, salah satunya adalah sumber daya manusia. Sekolah menengah utama yang menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer di Kabupaten Belu adalah SMAK Suria Atambua, SMA Negeri 1 Atambua , SMKN I Atambua dan SMK St. Yoseph Nenuk Atambua. Hadirnya Ujian Nasional Berbasis Komputer akan lebih baik bagi siswa-siswi karena lebih menghemat waktu ujian mereka,” jelasnya.

Menyinggung perolehan nilai, Kadis Marsi Loe mengetenghkan bahwa untuk memperoleh nilai dan hasil yang baik dalam ujian nasional, semuanya berpulang kepada siswa siswi itu sendiri.

“Apabila mereka mempersiapkan diri secara baik maka hasilnya pun akan baik dan maksimal. Kegiatan belajar mengajar di kelas juga sangat menunjang untuk siswa-siswi itu memperoleh nilai yang,” katanya. (CIABEL/NV).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *